Minggu, 25/08/2019 08:43 WIB

Ini Penyebab Gigi Terasa Ngilu

Hindari konsumsi makanan dan minuman yang asam, bersoda, manis, dan permen yang lengket di gigi dapat merangsang saraf di gigi yang sensitif.

Masalah gigi yang dianggap sepele justru bisa berakibat fatal bagi kesehatan (Foto: Ilustrasi/Newscastledental)

Jurnas.com - Bagaimana rasanya gigi ngilu saat sedang makan atau minum yang jadi favorit. Pasti tidak nyaman rasanya. Pada umumnya karena gigi sensitif akibat terkikisnya lapisan pelindung gigi (email gigi).  Masalah gigi ngilu itu, bisa disebabkan beberapa hal.

# Akibat kesalahan saat menyikat gigi. Ini menyebabkan  terkikisnya email gigi. Pemilihan sikat gigi yang tidak tepat, misalnya yang bulu sikatnya kasar atau terlalu runcing bisa melukai gusi dan mengikis lapisan gigi sehingga menyebabkan gigi sensitif. Mengatasinya, coba beralih ke sikat gigi dengan bulu yang lembut dan lakukan penyikatan gigi Anda dengan hati-hati, lembut, dan secara perlahan.

# Penggunaan obat kumur berlebihan. Karena akibat berlebihan kandungan alkohol dan bahan kimia lain. Maka batasi atau hindari penggunaan obat kumur dan lebih rajinlah menyikat gigi dan membilasnya dengan saksama, lalu gunakan benang gigi untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang sulit terjangkau sikat gigi.

# Makanan dan minuman. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang asam, bersoda, manis, dan permen yang lengket di gigi dapat merangsang saraf di gigi yang sensitif. Jika sudah terlanjur mengonsumsinya, tunggu kurang lebih satu jam untuk menyikat gigi.

TAGS : gigi ngilu sikat gigi konsumsi makanan




TERPOPULER :