Minggu, 21/04/2019 11:14 WIB

Jangan Remehkan Infeksi Kulit, Ini Tanda-tandanya

Jangan bertukar pakai handuk, baju dalam dan pakaian dengan orang lain.Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat pada saat olahraga. Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat.

Ilustrasi permasalahan kulit

Jurnas.com - Persoalan kulit merah atau terkena infeksi, kayaknya bikin Anda tidak percaya diri beraktivitas. Dan pastinya bikin tidak nyaman bergaul, atau berada di luar rumah.

Infeksi pada bagian kulit, menjadi penyakit yang sangat sering kita jumpai. Mungkin juga pernah dialami. Biasanya disebabkan karena jamur yang hidup di sekitar lingkungan kita, seperti udara, tanah, bahkan air.

Perlu diketahui, Sebagian besar jamur berkembangbiak dengan spora yang dapat tersebar di udara. Itu sebabnya, infeksi jamur paling sering menyerang bagian luar tubuh kita, seperti kulit dan juga kuku.

Bagi yang aktif bergerak dan berkeringat, akan lebih sering terkena infeksi jamur kulit, terutama apabila tidak berhati-hati dalam menjaga kebersihan diri. Tak hanya itu, penderita diabetes juga merupakan kelompok yang rentan terkena infeksi jamur kulit.

Berikut jenis dan gejala infeksi jamur kulit

# Dermatofitosis. Ini adalah ruam pada kulit berbentuk lingkaran berwarna kemerahan dan gatal. Warna merah di bagian tepi lebih jelas. Juga terlihat seperti cincin, dan berbatas tegas. Penyakit ini dapat menular, tetapi biasanya tidak menjadi parah. Bisa terdapat di kulit kepala, wajah, leher, atau di bagian tubuh lainnya.

# Tinea pedis atau kurap kaki. Gejalanya berupa kulit yang mengelupas dan pecah-pecah di bagian kaki. Juga terdapat kulit yang melepuh dan berwarna merah, terasa gatal serta perih. Infeksi jamur ini banyak ditemukan pada olahragawan yang sering terbungkus oleh kaos kaki dan lembap. Umumnya timbul pada sela-sela jari kaki.

#Tinea cruris. Biasanya muncul di bagian-bagian lipatan kulit yang lemab dan hangat, misalnya bagian bokong, selangkangan, dan alat kelamin. Bagian kulit yang terinfeksi akan tampak kemerahan dan gatal atau perih. Sering terjadi pada pria usia remaja dan dewasa, atau orang yang sering mengenakan celana ketat.

#Kandidiasis kulit. Ini disebabkan oleh jamur candida, dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun. Biasanya lebih mudah muncul di daerah yang hangat dan lembap, seperti selangkangan dan ketiak. Kulit yang terinfeksi terlihat kemerahan dan terasa gatal.

Agar gejala infeksi itu bisa teratasi, lakukan cara-cara sederhana. Misalnya, Jaga kebersihan kulit. Gunakan sabun pada saat mandi.Segera keringkan kulit apabila basah atau berkeringat. Ganti pakaian dalam dan kaos kaki setiap hari. Jemur sepatu di udara terbuka dan jaga agar bagian dalam sepatu tidak lembap.

Tak hanya itu saja, Jangan bertukar pakai handuk, baju dalam dan pakaian dengan orang lain.Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat pada saat olahraga. Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat.

 

TAGS : Penyakit Infeksi Kulit Ruam virus udara




TERPOPULER :