Minggu, 18/08/2019 09:33 WIB

Angkat Akar Budaya Tionghoa Melalui Imlek Market

Digagas oleh JagaWastra bergandengan dengan Otenta sebagai koordinator, Imlek Market yang digelar mulai kemarin.

Perayaan Imlek di Hotel Pullman

Jakarta, Jurnas.com - Menyambut Tahun Baru Cina atau Imlek 2019, beragam acara menarik dan unik digelar di berbagai hotel dan mall di Jakarta, salah satunya adalah acara Imlek Market yang berlangsung di Hotel Pullman Jakarta, 31 Januari hingga 5 Februari 2019.

Imlek Market hasil kerjasama antara Otenta-JagaWastra-Dapoza dan dikurasi oleh Neneng Rahardja ini dilatarbelakangi oleh keinginan bersama untuk mengangkat akar budaya Tionghoa dan peranakan, serta pengaruhnya terhadap budaya kain batik di Jawa khususnya
dari daerah pesisiran.

Neneng berharap dengan adanya acara ini, masyarakat, khususnya generasi penerus, dapat mengetahui identitas kelokalannya dan asal budaya yang mempengaruhinya dalam kebhinekaan bangsa Indonesia yang dapat diaplikasikan sebagai gaya hidup melalui kekayaan buah karya anak bangsa.

Sementara JagaWastra adalah wadah yang merangkul, melestarikan serta mewartakan warisan kekayaan budaya Nusantara khususnya Wastra yang belum terperhatikan agar menjadi perhatian, sehingga kelak Wastra-Wastra yang sarat makna tersebut teradopsi menjadi bagian gaya hidup yang dimiliki terutama bagi masyarakat urban.

Sebagai upaya untuk mewartakan warisan kekayaan tersebut, JagaWastra senantiasa melakukan aktivasi-aktivasi yang terkait antara lain: Bincang Wastra, menghadirkan para pakar yang kompeten dan kredibel di bidangnya, termasuk edukasi dan meningkatkan eksistensi Wastra agar lebih populer dan digemari sehingga pada akhirnya memberikan peluang pada pengrajin untuk terus berkarya dan meningkatkan nilai ekonomi daerah regional.

Trunk Show, kolaborasi dengan para disainer dengan tema mengenakan Wastra secara utuh tanpa dipotong keutuhannya dengan teknik draperi.

Digagas oleh JagaWastra bergandengan dengan Otenta sebagai koordinator, Imlek Market yang digelar selama 6 hari ini bertempat di Lobby Pullman Hotel, dan dibuka sejak kemarin.

 

TAGS : Tahun Baru Imlek Imlek Market




TERPOPULER :