Selasa, 17/09/2019 03:15 WIB

Arab Saudi Masuk Daftar Pendana Terorisme

Langkah ini dilakukan di tengah tekanan internasional yang meningkat pada Arab Saudi setelah pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Istanbul di kerajaan pada 2 Oktober.

Potret Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazziz dan putra Mohammed bin Salman (Foto: Fayez Nuredine/AFP/Getty Images)

Uni Eropa - Komisi Eropa memasukkan Arab Saudi ke daftar rancangan negara Uni Eropa yang menjadi ancaman bagi blok tersebut karena lemahnya kontrol terhadap pendanaan terorisme dan pencucian uang.

Demikian disampaikan dua sumber yang tidak ingin disebutkan namanya ke pada Rueters. Keputusan itu perlu disahkan 28 negara Uni Eropa sebelum kebijaka itu diberlakukan secara resmi minggu depan.

Langkah ini dilakukan di tengah tekanan internasional yang meningkat pada Arab Saudi setelah pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Istanbul di kerajaan pada 2 Oktober.

Daftar UE saat ini terdiri dari 16 negara, termasuk Iran, Irak, Suriah, Afghanistan, Yaman dan Korea Utara, dan sebagian besar didasarkan pada kriteria Gugus Tugas Aksi Keuangan (FATF), badan global yang dibentuk negara kaya untuk memerangi pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Daftar itu diperbarui minggu ini, menggunakan kriteria baru yang dikembangkan Komisi UE sejak 2017. Arab Saudi adalah salah satu negara yang dimasukkan ke daftar yang diperbarui yang masih dirahasiakan, satu sumber UE dan satu sumber Saudi mengatakan kepada Reuters.

Langkah ini merupakan kemunduran bagi Riyadh pada saat berusaha untuk meningkatkan reputasi internasionalnya untuk mendorong investor asing untuk berpartisipasi dalam rencana transformasi besar dan meningkatkan ikatan keuangan untuk bank-banknya.

Khashoggi, seorang kolumnis untuk Washington Post dan kritikus Putra Mahkota Mohammed bin Salman, terbunuh dan dipotong-potong oleh agen Saudi di konsulat Istanbul pada 2 Oktober, memprovokasi kejijikan luas dan merusak citra kerajaan.

Terlepas dari kerusakan reputasi, pencantuman dalam daftar mempersulit hubungan keuangan dengan UE. Bank-bank blok mengharuskan melakukan pemeriksaan tambahan pada pembayaran yang melibatkan entitas dari yurisdiksi yang terdaftar.

TAGS : Arab Saudi Uni Eropa Pendanaan Terorisme




TERPOPULER :