Sabtu, 21/09/2019 05:18 WIB

YouTube Setop Rekomendasi Video Bumi Datar

YouTube akan menyetop rekomendasi video yang berisi konsipirasi bumi datar. Rekomendasi video tentang teori serangan 11 September 2001 juga akan disetop.

YouTube (Foto: Istimewa)

Jakarta – Platform video populer YouTube akan menyetop rekomendasi video yang berisi konsipirasi bumi datar. Rekomendasi video tentang teori serangan 11 September 2001 juga akan disetop.

Dikutip dari AFP, layanan streaming video global ini berencana memodifikasi sistem rekomendasi penayangan secara bertahap, mulai dari Amerika Serikat lalu ke negara-negara lain.

“Kami akan mulai mengurangi rekomendasi konten batas dan konten yang dapat memberi informasi yang salah kepada pengguna dengan cara yang berbahaya,” ujar YouTube dalam laman blog resminya.

“Seperti video yang mempromosikan obat ajaib palsu untuk penyakit serius, klaim bumi datar, atau teori palsu tentang peristiwa bersejarah seperti 9/11,” lanjutnya.

Diperkirakan perubahan akan memengaruhi kurang dari satu persen konten di layanan tersebut, tetapi YouTube optimistis kebijakan ini akan meningkatkan pengalaman bagi pengguna.

Video yang dianggap hanya melanggar pedoman komunitas akan tetap dapat diakses dan muncul dalam hasil pencarian, namun tetap termasuk dalam kategori tidak layak ditonton.

“Kami pikir perubahan ini memberikan keseimbangan antara mempertahankan platform untuk kebebasan berbicara dan memenuhi tanggung jawab kami kepada pengguna,” kata YouTube.

Diketahui, YouTube secara rutin memperbarui fitur mesin rekomendasinya. Beberapa tahun lalu, plaform tersebut memodifikasi sistem untuk mengurangi video dengan deskripsi menyesatkan, yang dimaksudkan untuk memancing orang mengklik.

“Pada tahun lalu saja, kami telah membuat ratusan perubahan, untuk meningkatkan kualitas rekomendasi untuk pengguna di YouTube," terang perusahaan yang berbasis di California tersebut.

TAGS : Aplikasi YouTube Konten Menyesatkan Bumi Datar




TERPOPULER :