Sabtu, 20/04/2024 00:31 WIB

Siapa Bilang Musim Hujan Tak Bisa Liburan? Ini Tipsnya

Hal terpenting dari perjalanan wisata pada musim penghujan yaitu situasi tubuh tetap sehat dan bugar.

Air Terjun Tiu Dua di Desa Batudulang, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ( Foto: Wahyu Wening)

Jakarta - Musim hujan saat liburan terkadang menjadi halangan bagi Anda untuk berwisata. Namun tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu melakukan persiapan ekstra agar liburan tetap seru di musim hujan.

Dilansir dari kompastravel, berikut beberapa cara tetap asik berwisata saat musim penghujan.

1. Cek perkiraan cuaca

Sebelum memulai wisata pada liburan Anda, ada yang mengulas sebelumnya terlebih dahulu perkiraan cuaca sebelumnya. Selain bisa melakukan persiapan, Anda juga bisa merencanakan tempat wisata yang tepat.
Anda dapat mengecek prakiraan cuaca di situs resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosifika) atau perkiraan cuaca pada aplikasi smartphone Anda.

2. Sedia payung dan jas hujan

Tidak ada salahnya menyediakan payung dan jas hujan saat musim penghujan melanda. Selain payung bisa digunakan untuk mencegah kehancuran, juga bisa untuk mencegah sinar matahari menyengat kulit Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat membawa jas hujan sebagai pengganti payung Anda.

3. Pakaian yang sesuai

Suhu semakin meningkat atau semakin dingin saat musim hujan. Persiapkan pakaian yang bisa membantu menghangatkan tubuh seperti sweater atau jaket tebal. Persiapkan pula baju ganti tolong Anda kehujanan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sandal agar sepatu yang Anda miliki tidak cepat rusak. Yang terpenting jangan lupa sediakan kantong plastik untuk baju atau baju basah Anda.

4. Cari destinasi indoor sebagai alternatif

Ada disetujui Anda tentukan terlebih dahulu destinasi liburan jika sedang diluncurkan musim penghujan. Anda tidak bisa berlibur ke pantai malah menjadi sangat dingin saat Anda berenang nanti malah ombak besar menyapu Anda? Anda dapat menentukan tempat wisata dalam ruangan sebagai tujuan liburan Anda. Baik pusat pengeluaran, museum, pameran dan lain-lain.

5. Wisata kuliner penghangat badan

Selain tempat wisata indoor, Anda juga bisa merencanakan wisata kuliner ke restoran atau gerai-gerai makanan di daerah setempat. Selain menghabiskan waktu liburan, Anda juga bisa memilih kuliner berkuah hangat sebagai penghangat badan Anda. Mulai dari bakso kuah, soto mie, minuman hangat seperti jahe juga siap menemani santapan Anda.

6. Menjaga kondisi tubuh

Hal terpenting dari perjalanan wisata pada musim penghujan yaitu situasi tubuh tetap sehat dan bugar. Dengan stamina yang maksimal maka tentu perjalanan Anda tidak akan terhambat.

Minumlah vitamin atau banyak makan buah dan sayur sebelum berwisata untuk menjaga stamina Anda. Kurangi minuman dingin dan perbanyak konsumsi air putih serta minuman hangat seperti jahe juga bisa membantu menjaga stamina Anda.

KEYWORD :

Musim Hujan Tips Liburan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :