Rabu, 21/08/2019 08:48 WIB

Kena Gejala Stres, Lakukan Cara Mudah Ini

Meredakan stres ternyata dapat dilakukan di rumah, dengan modal yang minim, dan tidak menyita banyak waktu. Seperti apa?

Ilustrasi Wanita Stress

Jakarta - Terlalu banyak pikiran yang diakibatkan lingkungan kerja, rumah dan lainnya, akan mudah menjadi stres. Jika demikian, produktivitas Anda akan menurun, dan rentan terkena gangguan mental.

Susah-susah gampang mengatasinya. Terlebih bagi Anda yang memang sedikit memiliki waktu untuk sekedar berlibur ke destinasi alam, atau takut menghambur-hamburkan uang dengan berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan.

Meredakan stres ternyata dapat dilakukan di rumah, dengan modal yang minim, dan tidak menyita banyak waktu. Seperti apa?

Mendengarkan musik

Saat stres, sebaiknya Anda mendengarkan beberapa alunan musik santai. Musik akan memperlambat denyut jantung, dan membuat Anda lebih rileks dari sebelumnya. Berdasarkan penelitian pusat kesehatan Israel, ibu-ibu yang menyanyikan lagu untuk bayi prematur mereka, menunjukkan bahwa detak jantung bayi-bayi tersebut menjadi lebih pelan, dan cenderung lebih tenang.

Mengambil nafas dalam-dalam

Salah satu cara untuk mengaktifkan respon rileks dalam diri Anda adalah dengan melakukan pernapasan dalam-dalam. Bukan seperti pernapasan normal, melainkan Anda harus menahan udara yag keluar dan masuk lebih lama dari biasanya. Para dokter biasanya menggunakan cara ini sebelum memerika pasien. Tujuannya adalah untuk menurunkan denyut jantung, dan membantu menstabilkan tekanan darah.

Anda tidak dapat melakukan cara ini di sembarang tempat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk menemukan tempat yang tenang, dan bebas dari gangguan atau keributan.

Meditasi

Buatlah posisi duduk dan pejamkan mata Anda. Dalam keadaan mata tertutup, cobalah menenangkan pikiran Anda dari berbagai masalah yang Anda hadapi akhir-akhir ini. Cara ini, menurut peneliti dapat membantu menyembuhkan penyakit, seperti gangguan kecemasan, asma, depresi, tekanan darah tinggi dan meningkatkan kemampuan fokus.

Relaksasi

Otot tegang merupakan respon tubuh saat menghadapi ketegangan, kecemasan, dan ketakutan. Coba Anda amati, dalam posisi tidak nyaman, entah cemas atau stres, maka otot akan kaku dan memicu rasa sakit pada tubuh. Dikutip dari Life Hack, untuk mengatasi otot tegang Anda dapat menarik dan meregangkan otot secara bergantian selama 6-10 menit, mulai dari kepala hingga kaki.

TAGS : Gejala Stres Jalani Relaksasi Rutinitas Meditasi Tips Hidup




TERPOPULER :