Sabtu, 23/01/2021 21:58 WIB

AS Perpanjang Penyebaran Pasukan di Perbatasan Meksiko

Sekitar 2.200 Pengawal Nasional mendukung operasi perbatasan bahkan sebelum Trump mengirim pasukan tugas aktif.

Pasukan militer Amerika Serikat (foto: bussinesinsider)

Jakarta - Pentagon mengatakan bahwa akan memperpanjang hingga 30 September penyebaran tentara tugas aktif dan anggota penjaga pantai di perbatasan AS-Meksiko, serta memperluas misi untuk memasukkan pengawasan dan deteksi.

Memperpanjang misi pasukan melewati batas waktu 31 Januari, Pentagon mengatakan pihaknya mengalihkan dukungannya di perbatasan barat daya dari pengerasan pelabuhan masuk ke pengawasan dan pendeteksian serta penempatan kawat berduri antara pelabuhan masuk.

"DoD akan terus memberikan dukungan penerbangan," ujar Departemen Pertahanan dilansir The National.

Pentagon telah memiliki sekitar 2.350 tentara yang bertugas aktif di sepanjang perbatasan, yang dikerahkan di bawah perintah kontroversial yang diberikan Presiden Donald Trump tahun lalu sebelum pemilihan paruh waktu pada bulan November, ketika beberapa ribu migran Amerika Tengah berjalan ke perbatasan untuk mencari suaka dari kekerasan dan kemiskinan di negara mereka sendiri.

Para pengecam mengecam perintah Trump sebagai aksi politis yang mahal untuk menggembleng pendukung menjelang pemungutan suara, di mana Partai Republik-nya kehilangan kendali atas Dewan Perwakilan Rakyat.

Presiden Trump berbicara tentang darurat nasional dan invasi, awalnya menyarankan pasukan AS dapat menembak migran jika mereka melempar batu ke perbatasan AS.

Militer AS tidak diperbolehkan dalam hampir semua kasus untuk terlibat dalam penegakan hukum domestik dan misi perbatasan telah menempatkan militer yang seharusnya non-politik dalam sorotan yang tidak nyaman.

Sekitar 2.200 Pengawal Nasional mendukung operasi perbatasan bahkan sebelum Trump mengirim pasukan tugas aktif.

Penempatan yang tidak biasa itu seharusnya berakhir pada pertengahan Desember, tetapi Departemen Keamanan Dalam Negeri meminta perpanjangannya sampai Januari, tanggal yang sekarang diperpanjang lebih jauh.

Peran pasukan terutama adalah membangun bermil-mil pagar kawat berduri sepanjang titik persimpangan populer.

Presiden Trump tidak goyah dalam tuntutannya untuk penghalang perbatasan, yang telah memicu kebuntuan besar dengan legislator dan penutupan sebagian pemerintah yang memasuki minggu keempat.

Presiden baru-baru ini mundur dari pembicaraan tentang deklarasi darurat yang akan membebaskan dana Departemen Pertahanan untuk hambatan perbatasan, setelah mendesaknya selama berhari-hari sebagai jalan keluar dari kebuntuan anggaran yang berkelanjutan.

Pengerahan pasukan adalah salah satu dari beberapa masalah yang membuat Trump dan mantan Menteri Pertahanan Jim Mattis tidak setuju sebelum ia mengundurkan diri pada Desember setelah keputusan mengejutkan pemimpin itu untuk menarik pasukan dari Suriah.

Mattis mengatakan pasukan garis depan garis depan hanya akan membawa tongkat.

Pada bulan November, ia mengunjungi pasukan di perbatasan dan menegaskan kembali bahwa tugas mereka dalam jangka pendek adalah untuk membantu agen-agen Pabean dan Perlindungan Perbatasan yang kekurangan sumber daya dan membuat hambatan fisik.

"Tapi jangka panjang, agaknya harus ditentukan," katanya saat itu.

Beberapa pasukan pangkat-pangkat awalnya menggerutu tentang tujuan misi ke media AS sebelum mereka ditempatkan di bawah instruksi ketat untuk tidak menyuarakan pendapat pribadi kepada pers.

Beberapa tentara mengatakan waktu mereka di perbatasan memberikan pelatihan dunia nyata yang berharga, meskipun tanpa risiko pertempuran.

Dua kali sejak November, agen Patroli Perbatasan AS telah menembakkan gas air mata selama upaya penyeberangan migran massal di daerah San Diego.

TAGS : Amerika Serikat Perbatasan Meksiko Pasukan Militer




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :