Minggu, 17/11/2019 11:16 WIB

Jerman Minta Facebook Hentikan Kumpulkan Data Pengguna

Pemerintah Jerman dikabarkan akan meningkatkan pengaturan praktik Facebook dalam waktu dekat. Sumber Bild am Sonntag mengklaim Kantor Kartel Federal negara itu akan memerintahkan Facebook untuk berhenti mengumpulkan beberapa data pengguna.

Facebook Inc

Jakarta - Pemerintah Jerman dikabarkan akan meningkatkan pengaturan praktik Facebook dalam waktu dekat. Sumber Bild am Sonntag mengklaim Kantor Kartel Federal negara itu akan memerintahkan Facebook untuk berhenti mengumpulkan beberapa data pengguna.

Hal itu dikabarkan akan berkaitan dengan bagaimana jejaring sosial berbagi data dengan aplikasi dan situs di luar Facebook, termasuk properti Instagram dan WhatsApp sendiri. Pengawas antimonopoli akan menyampaikan keputusannya ke Facebook dalam beberapa minggu.

"Tidak pasti seberapa cepat Facebook harus mengubah praktiknya. Jerman kemungkinan besar akan menetapkan tenggat waktu alih-alih menuntut reformasi segera," kata Bild.

"Pihak facebook akan memiliki waktu untuk menyelesaikan urusannya. Itu bisa menghadapi denda hingga € 10 juta (sekitar $ 11,5 juta) jika ditolak," tambahnya dikutip Engaget.

Regulator di negara tersebut telah menentukan bahwa Facebook menyalahgunakan keunggulannya di jejaring sosial untuk mengumpulkan info tanpa persetujuan.

Namun facebook telah dengan demikian membantah menyalahgunakan kekuasaannya dalam sebuah pernyataan kepada Bild. Perusahaan itu tidak setuju dengan Kantor Kartel Federal dan dikabarkan akan terus mempertahankan posisinya.

Permintaan tersebut dinilai tidak akan menghalangi Facebook untuk mengumpulkan data, tetapi itu mungkin harus mengubah cara Facebook mengambil konten itu dan bagaimana kaitannya dengan akun.

Namun pada gilirannya, bisa memaksa Facebook untuk mengubah pendekatannya di seluruh dunia. Bahkan jika itu tidak keberatan dengan perubahan prinsip, itu akan mewakili upaya besar-besaran.

TAGS : Media Sosial Facebook Jerman Data Pengguna




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :