Minggu, 25/08/2019 05:08 WIB

Polusi Udara Ancam Ibu Hamil Keguguran

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari universitas Utah menemukan bahwa wanita hamil menghadapi risiko keguguran yang lebih tinggi jika mereka terserang polusi udara yang meningkat.

Ilustrasi mual ibu hamil

Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti dari universitas Utah menemukan bahwa wanita hamil menghadapi risiko keguguran yang lebih tinggi jika mereka terserang polusi udara yang meningkat.

Ibu hamil yang terpapar nitrogen dioksida tingkat tinggi, atau gas yang diciptakan oleh kendaraan bensin dan diesel, 16% lebih mungkin membuat seorang wanita hamil akan mengalami keguguran.

Penelitian itu mengemuka di tengah kekhawatiran yang berkembang atas polusi udara dan hubungannya dengan penyakit dan kondisi seperti stroke, demensia dan autisme.

NHS mengatakan satu dari delapan wanita yang tahu mereka hamil akan mengalami keguguran, sementara angka sebenarnya mungkin lebih tinggi karena banyak wanita kehilangan anak mereka sebelum mereka tahu mereka hamil.

Dilansir Sky News, dokter menganalisis catatan lebih dari 1.300 wanita yang mencari bantuan dari departemen darurat Universitas Utah setelah keguguran antara 2007 dan 2015.

Tim peneliti menghitung risiko keguguran selama periode tiga hingga tujuh hari setelah lonjakan tingkat polusi udara umum, termasuk partikel kecil dan nitrogen dioksida.

Para peneliti menemukan peningkatan risiko keguguran bagi wanita yang terpapar dengan kadar nitrogen dioksida yang meningkat, yang menyamai kenaikan 16% untuk peningkatan 10 bagian per miliar selama rentang waktu tujuh hari.

Tetapi masalah partikulat tidak secara signifikan meningkatkan risiko keguguran.

Matthew Fuller, associate professor of surgery di universitas, mengatakan hasil penelitian ini mengecewakan, dan perlu bekerja sama sebagai masyarakat untuk menemukan solusi konstruktif.

Dia menyarankan wanita untuk meningkatkan masalah kesehatan dengan dokter mereka, dan menyarankan mereka membatasi aktivitas di luar rumah pada hari-hari ketika kualitas udara buruk.

TAGS : Ibu Hamil Polusi Udara




TERPOPULER :