Rabu, 20/03/2019 16:55 WIB

Lulusan Teknik Paling Populer di Dubai

penelitian itu mengungkapkan bahwa mereka yang mempelajari teknik sipil adalah yang paling populer ketika memasuki pasar kerja.

Lulusan teknik di Dubai

Jakarta - Sebuah penelitian di Emirates menemukan bahwa lulusan dengan gelar teknik, bisnis, TI atau ilmu kedokteran memiliki peluang kerja terbaik di UEA. Namun penelitian itu mengungkapkan bahwa mereka yang mempelajari teknik sipil adalah yang paling populer ketika memasuki pasar kerja.

Spesialisasi inti lainnya dalam permintaan tinggi di bidang bisnis termasuk pemasaran, keuangan dan akuntansi. Dalam hal derajat medis, kedokteran umum dan pembedahan menempati posisi teratas dalam menawarkan kesempatan kerja terbaik sementara kedokteran gigi datang terakhir.

"Ini adalah penelitian berskala besar dan bernilai khusus karena menyoroti spesialisasi di masa depan yang diperlukan di pasar UEA," kata Dr Samia Al Farra, seorang konsultan pendidikan yang bekerja di sekolah-sekolah di UEA, Arab Saudi dan Kuwait dikutip The National, Kamis (10/01).

"Sangat penting untuk terus membimbing dan menasihati siswa di sekolah untuk memungkinkan mereka memilih gelar mereka," tambahnya.

Ini bertujuan untuk memberikan dukungan akademik dan konseling bagi para siswa yang bersiap untuk mengejar pendidikan tinggi mereka di UEA.

Para peneliti meneliti lebih dari 13.000 siswa yang lulus dari perguruan tinggi negeri dan swasta pada tahun 2017. Sampel substansial mencakup lebih dari 80 persen lembaga di ketujuh emirat.

Ini fokus pada teknik, administrasi bisnis, seni dan humaniora, pendidikan, IT, ilmu lingkungan dan kesehatan, ilmu kedokteran, hukum, sains, dan pertanian.

Hasil dari penelitian ini datang ketika ribuan mahasiswa sarjana di seluruh negeri bergulat dengan program gelar apa yang harus dipilih. Pihak berwenang berharap survei ini akan meningkatkan kesadaran di kalangan calon mahasiswa tentang kebutuhan pasar tenaga kerja saat ini, mengarahkan mereka ke arah pengembangan keterampilan yang tepat.

Temuan laporan ini menunjukkan tingkat teknik, yang diukur dengan jumlah mereka yang mendapatkan pekerjaan dibandingkan dengan jumlah lulusan secara keseluruhan, adalah yang paling laris.

Sementara itu, mereka yang menyelesaikan pendidikan pada tahun 2017 adalah yang tercepat untuk mendapatkan pekerjaan, diikuti oleh administrasi bisnis, IT, kemudian rekayasa. Gelar ilmu lingkungan dan kesehatan tertinggal.

"UEA memiliki sistem akademik dan pendidikan perintis yang membuatnya menonjol, baik secara regional maupun global," kata Ahmad Al Falasi, Menteri Negara Pendidikan Tinggi dan Keterampilan.

“Studi ini adalah alat peramalan yang ideal bagi siswa untuk menguraikan karier akademik mereka melalui belajar di lembaga pendidikan tinggi negeri dan swasta di sekitar UEA," tambahnya.

“Membekali bakat kita dengan pengetahuan ilmiah dan keterampilan tingkat lanjut - yang sekarang merupakan keunggulan kompetitif global yang utama - adalah langkah terbaik kita untuk melangkah lebih jauh dengan hanya menerima pengetahuan untuk menciptakannya sendiri, yang mendukung upaya membangun ekonomi pengetahuan pasca-minyak."

Hasil penelitian ini nampak menggarisbawahi pentingnya sarjana memilih untuk mata pelajaran gelar khusus teknis daripada yang lebih umum.

Akuntansi dan keuangan, misalnya, ditemukan lebih banyak diminati daripada administrasi bisnis umum, dan hal yang sama berlaku untuk tingkat pendidikan, di mana anak usia dini dan pendidikan khusus berkinerja lebih baik daripada pendidikan umum dan pengajaran.

Pada catatan yang sama, para peneliti juga mengungkapkan peningkatan permintaan untuk gelar hukum khusus, seperti hukum komersial dan hukum internasional.

Kementerian Pendidikan saat ini bekerja dengan lembaga pendidikan tinggi untuk menjamin mata pelajaran ini sesuai dengan tuntutan pasar tenaga kerja saat ini, memastikan mereka diajarkan dalam bahasa Inggris dan Arab.

Program saat ini hanya diajarkan dalam bahasa Arab dan para ahli melihat pergeseran ke bahasa Inggris sebagai hal yang penting karena UEA semakin melayani pasar internasional, menarik investasi dari seluruh dunia.

"Hasil penelitian sebagian besar sejalan dengan rasio pekerjaan lulusan Universitas Zayed," kata Prof Reyadh Almehaideb, wakil presiden Universitas Zayed.

“Persentase tertinggi [dari peluang kerja mencakup] bidang Administrasi Bisnis, termasuk keuangan, akuntansi, pemasaran, dan manajemen," tambahnya.

"Selanjutnya adalah Teknologi Informasi diikuti oleh spesialisasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini dan Ilmu Pengetahuan, Lingkungan, Nutrisi dan Kesehatan Masyarakat, Psikologi dan Media dan Studi Internasional."

TAGS : Jurusan Teknik Dubai Pasar Kerja




TERPOPULER :