Minggu, 19/05/2019 23:23 WIB

Tak Laku di China, Apple "Ngemis" ke Samsung

kesepakatan itu merupakan bagian dari perubahan strategi perusaahaan Apple, akibat lesunya permintaan iPhone di Negeri Tirai Bambu itu.

Logo Apple dan Samsung (Foto: Dado Ruvic/Reuters)

Seoul - Apple Inc akhirnya memutuskan bermitra dengan saingannya Samsung Electronics Co. Ltd. Perusahaan itu meminta raksasa elektronik Korea Selatan itu memasukkan salah satu programnya, iTunes di televisi pintarnya.

Jurnas.com melansir dari Rueters, kesepakatan itu merupakan bagian dari perubahan strategi perusaahaan Apple, akibat lesunya permintaan iPhone di Negeri Tirai Bambu itu. Di mana para pengguna lebih banyak menggunakan pengeluaran Iphone lawas.

Akibatnya, Apple semakin bersandar pada segmen layanannya, yang mencakup bisnis seperti penyimpanan iCloud selain bisnis konten musik, televisi, dan film.

Apple mengumumkan beberapa penawaran penting untuk konten televisi asli, termasuk acara  Oprah Winfrey, tetapi belum memberikan pernyataan detail kepan rencana  mendistribusikan konten itu atau kapan layanannya akan diluncurkan.

Kesepakatan Samsung bisa menjadi langkah Apple membuka diri ke perangkat yang dibuat perusahaan lain. Apple membuat perangkat yang disebut Apple TV yang menghubungkan ke satu set televisi penuh, tetapi belum pernah menghasilkan satu set penuh itu sendiri.

Berdasarkan kesepakatan yang diumumkan pada Minggu (6/1), Samsung akan menambahkan aplikasi ke televisi yang memungkinkan pengguna menelusuri dan memutar film iTunes dan acara televisi yang ada serta membeli atau menyewa konten baru.

Samsung juga mengatakan akan menambahkan perangkat lunak Apple AirPlay 2 yang akan memungkinkan pemilik iPhone menyambungkan konten dari perangkat mereka ke televisi Samsung.

Apple dan Samsung sama-sama menolak berkomentar apakah Apple membayar biaya atau persentase penjualan yang dilakukan di televisi di bawah kesepakatan baru itu.

Dampak pendaratan iTunes pada film Samsung akan dibisukan untuk saat ini. Sejak akhir 2017, konsumen yang membeli film melalui iTunes telah dapat menontonnya di perangkat apa pun, termasuk televisi Samsung, yang mendukung konsorsium Movies Anywhere.

Film-film dari Warner Bros, Walt Disney, Universal, Sony dan Fox yang dibeli melalui iTunes, Amazon, Google Play, dan Vudu dapat dilihat di masing-masing aplikasi dan perangkat serta TV yang mendukung aplikasi tersebut.

Kesepakatan Samsung adalah yang kedua kalinya dalam beberapa bulan terakhir di mana Apple telah membuat perjanjian dengan perusahaan teknologi lain untuk mendaratkan layanannya di perangkat mereka.

Pada November, dikatakan layanan streaming Apple Music akan tersedia pada speaker pintar Echo Amazon, meskipun Apple menjual lini speaker HomePod sendiri yang bersaing langsung dengan speaker Echo.

TAGS : Perang Dagang Apple Inc Samsung Electronics




TERPOPULER :