Sabtu, 23/01/2021 22:13 WIB

Ditolak Kongres, Trump Bakal Berlakukan Kondisi Darurat

Pada Jumat (4/1), Trump menyebut dia masih bisa menggunakan kekuatan darurat untuk mewujudkan rencana pembangunan tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Para Imigran memanjaki perbatasan AS (foto: UPI)

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko tidak akan berujung gagal, hanya karena dana US$5 miliar belum disetujui Kongres.

Pada Jumat (4/1), Trump menyebut dia masih bisa menggunakan kekuatan darurat untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Kami bisa memberlakukan kondisi darurat nasional, dan membangunnya dengan sangat cepat,” tegas Trump dilansir dari Reuters.

Komentar Trump muncul hanya sehari setelah Partai Demokrat, yang dipimpin oleh Nancy Pelosi, mengambil alih DPR AS, mengantar era pemerintahan yang terbelah dua.

Dalam pembicaraan yang terkadang agresif pada Jumat kemarin, Trump, Pelosi dan Pemimpin Demokrat Senat Chuck Schumer gagal mencapai kesepakatan untuk mengakhiri penutupan kantor pemerintahan AS.

Seperti diketahui, Konstitusi AS memberi Kongres kekuasaan atas pendanaan pemerintah federal, sehingga Trump kemungkinan akan menghadapi tantangan hukum jika ia mencoba untuk melewati persetujuan Kongres dalam membiayai tembok.

Namun sekali lagi, Trump menepis kekhawatiran itu dalam sebuah briefing berita di Gedung Putih.

“Saya tidak pernah mengancam siapa pun, tetapi saya diizinkan melakukannya, ya,” tandas Trump.

TAGS : Donald Trump Tembok Perbatasan Amerika Serikat Meksiko




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :