Minggu, 20/10/2019 13:00 WIB

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Dalam hitungan jam sebentar lagi tahun berganti, seluruh dunia merayakan dengan penuh sukacita. Berikut tradisi unik di beberapa negara.

Perayaan tahun baru 2019 (Ilustrasi)

Jakarta - Banyak tradisi dalam menyambut sukacita tahun baru, mulai meniup terompet, menyalakan kembang api dan menhitung mundur sesaat sebelum jarum jam berganti dari pukul 23.59 ke pukul 00.00 31 Desember menjadi tradisi yang dilakukan di semua tempat untuk memeringati tahun baru.

Lalu tradisi unik malam pergantian tahun di dunia yang kerap dilakukan, apa saja, sih?

1. Cina, Roh Jahat

Pada zaman Cina kuno beredar cerita kembang api yang dipercayai untuk menakuti roh jahat sehingga kehidupan tahun baru akan lebih baik. Kebiasaan lain adalah membuat resolusi di tahun yang baru, tradisi ini juga sudah dilakukan sejak ribuan tahun oleh masyarakat Babilonia kuno.

2. Yunani: Menggantung Bawang

Perayaan unik tahun baru yang dilakukan oleh masyarakat Yunani yaitu menggantung bawang putih di depan Rumah. Hal itu menandakan kelahiran kembali di tahun yang baru. Selain itu, masyarakat yunani juga akan memecahkan delima sebelum masuk rumah di hari pertama tahun baru. Tradisi itu menyimbolkan kemakmuran dan dan nasib baik.

3. Rumania: Memakai Kostum Beruang

Tradisi unik tahun baru yang dilakukan oleh masyarakat Rumania adalah mengenakan kostum beruang. Selain itu, mereka tidak boleh memakai yang lain. Setelah itu mereka akan menari dengan kostum tersebut. Tradisi tersebut dianggap berbahaya akan mengusir roh jahat.

4. Jepang: Nengajo

Saat tahun baru tiba, kuil Budha di Jepang akan di dentangkan sebanyak 108 kali untuk menyambut Toshigami, dewa tahun baru. Selain itu, masyarakat Jepang akan menyiapkan rumah dan mengirim kartu ucapan terima kasih yang disebut Nengajo. Tradisi lain di Jepang untuk setiap malam Tahun baru adalah pemutaran musik di televisi yang populer disiarkan di Jepang, yaitu `Kohaku Uta Gassen` di mana dua tim selebriti akan saling bertarung dalam kompetisi menyanyi. Siaran ini diperkirakan tidak pernah dilewatkan oleh keluarga di Jepang. Tradisi ini telah berlangsung sejak 1951.

5. Brasil: Mengenakan Celana Dalam Penuh warna

Masyarakat Brazil juga memiliki tradisi unik dalam menyambut datangnya tahun baru, yaitu memakai celana dalam yang penuh warna. Kebiasaan mereka akan menggunakan warna merah dan kuning di mana warna terseut adalah warna dominan pada celana dalam yang dikenakannya. Bagi mereka warna merah melambangkan kehidupan yang penuh cinta, sedangkan warna kuning melambangkan nasib yang baik. 

TAGS : Tahun Baru Tradisi Unik Dunia




TERPOPULER :