Minggu, 20/10/2019 02:24 WIB

Hoax, Tiup Terompet Sebabkan Penyakit Menular dan Kanker

Beredar kabar meniup terompet akan membahayakan penggunanya dengan penyakit menular seperti kanker kulit, serviks dan lainnya. Benarkah?

Terompet aman dari penyakit. (Foto : Jurnas/Ist)

Jakarta- Malam pergantian tahun tak pernah lepas dari kemeriahan kembang api dan suara terompet. Di perayaan tahun baru tersebut, jumlah pedagang yang berjualan bisa dipastikan akan membludak.

Terompet adalah salah satu yang digunakan anak – anak kecil sampai remaja dalam menyambut datangnya tahun baru. Suara terompet tersebut menimbulkan keramaian dan kemeriahan. Namun seperti tahun-tahun sebelumnya, jelang perayaan tahun baru, beredar isu tentang penyakit berbahaya yang ditularkan melalui terompet.

Selain itu, isu penyakit yang ditularkan melalui terompet cukup parah seperti, kanker mulut, kanker lidah, kanker darah, hepatitis, HIV, TBC dan penyaklit-penyakit menular lain yang ditularkan melalui terompet.
Apakah benar begitu ???

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB jika membaca informasi tersebut, orang awam pun sebenarnya sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa berita tersebut tidak benar (Hoax). Karena kanker termasuk kanker mulut, lidah atau kanker darah tidak dapat menular dari satu orang ke orang lain.

"Betul memang penyebab dari kanker mulut disebabkan oleh virus yang kita namakan virus Human Papilloma (HPV). Virus ini memang bisa menyebabkan kanker lidah, kanker amandel atau kanker tenggorongan. Tetapi penularan virus tersebut melalui mulut terutama melalui aktifitas seksual misalnya oral seks. Bukan melalui terompet," tegas dr. Ari.

Sekedar memberi tips, hendaknya sebelum meniup terompet, terlebih dulu membersihkan ujung dari terompet (Bagian Ditiup) dengan kasin bersih.

TAGS : Tiup Terompet Ari Tahun Baru




TERPOPULER :