Selasa, 24/09/2019 02:39 WIB

Presiden Turki Sampaikan Bela Sungkawa Korban Tsunami Banten dan Lampung

Sekurang-kurangnya 168 orang tewas, ratusan luka-luka akibat tsunami yang menerjang Indonesia pada Sabtu malam.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: EPA)

Ankara - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia  atas musibah tsunami yang menghantam Provinsi Banten dan Lampung pada Sabtu malam.

"Atas nama warga Turki, saya menyampaikan belasungkawa kepada seluruh masyarakat Indonesia," ujar Presiden Erdogan dalam pertemuan Sidang Umum Keuangan 2018 Dewan Hubungan Ekonomi Luar Negeri (DEIK) di Istanbul.

Setidaknya 222 orang tewas dan ratusan lainnya terluka saat tsunami --karena erupsi gunung berapi- menghantam Selat Sunda pada Sabtu malam, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dilansir dari Al Anadolu, jumlah korban yang tewas akan terus bertambah karena semuanya belum terdata, ujar Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Indonesia berada di "Cincin Api" Samudera Pasifik di mana lempeng tektonik bertabrakan dan sering menyebabkan aktivitas seismik dan vulkanik.

September lalu, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Sulawesi, yang menyebabkan tsunami di Donggala dan Palu dengan ketinggian 3 meter dan menewaskan 2.000 orang.

Pada 26 Desember 2004, gempa bumi dengan magnitudo 9,1 mengguncang Aceh yang mengakibatkan tsunami dan menewaskan 230.000 orang.

TAGS : Tsunami Banten Lampung Presiden Turki




TERPOPULER :