Rabu, 26/06/2019 10:45 WIB

Sebelum Merawat Kulit Anda, Kenali Dulu Jenisnya

Tidak asal merawat kulit wajah, tapi Anda perlu memperhatikan kebutuhan dan kandungan yang ada dalam produk pilihan Anda.

Sebelum merawat kulit, penting untuk mengetahui jenis kulit Anda (Ilustrasi foto: Istockphoto/Ridofranz)

Jakarta - Tahukah Anda pada dasarnya, pelembab berfungsi untuk mempertahankan kelembapan kulit sepanjang hari. Dengan adanya perkembangan teknologi di industri kecantikan, jenis pelembab pun semakin meluas fungsinya.

Selain melembapkan, moisturizer juga berfungsi untuk meminimalisir garis-garis halus dan
kerusakan sebagai akibat dari faktor-faktor yang menyebabkan penuaan dini.

Beberapa manfaat penting moisturizer sebagai solusi dalam mengatasi masalah kulit dengan jenis kulit tertentu adalah sebagai berikut:

1. Kulit berminyak

Banyak perempuan bingung dengan jenis kulit yang satu ini. Pertanyaan mendasar yang sering muncul adalah apakah jenis kulit berminyak juga membutuhkan pelembap wajah?

Jawabannya adalah ya! Meskipun memiliki jenis kulit berminyak, tetapi kulit wajah tetap membutuhkan nutrisi yang didapat dari pelembab atau moisturizer tersebut. Non-comedogenic adalah jenis pelembab yang cocok untuk digunakan oleh jenis kulit wajah ini, karena non-comedogenic memilki formulasi yang bebas minyak, tidak menyumbat pori-pori, dan meminimalisir timbulnya jerawat dan komedo, serta mudah diserap karena berbahan dasar air.

2 Kulit kering

Ini adalah jenis kulit yang sangat membutuhkan peran pelembab. Khususnya pelembab
dengan bahan bahan yang dapat mengembalikan kelembaban kulit yang hilang karena faktor dari dalam dan luar tubuh.

Biasanya memiliki tekstur cream atau oil, namun demikian
tidak akan membuat kulit terlihat berminyak. Ekstra bahan pelembab yang terkandung di dalamnya berguna untuk memberi kelembapan lebih pada kulit wajah sehingga terasa
kenyal.

3. Kulit sensitif

Kulit sensitif ditandai dengan kulit yang mudah kemerahan dan iritasi. Carilah pelembab berformula lembut, bebas bahan kimia, wewangian, serta pewarna. Singkatnya, baca
kandungan di balik kemasan yang tercantum pada produk.

Jika kandungan kimia semakin banyak maka semakin besar pula peluang yang membuat kulit menjadi iritasi. Selain itu, sangat dianjurkan untuk mencoba produk yang bersifat Hypoallergenic.

4. Kulit menua

Pada usia di atas 30-an kondisi kulit sudah mulai menurun. Masalah yang sering terjadi adalah kekeringan kulit karena produksi kelenjar minyak di dalam kulit mulai melambat.

Kondisi tersebut ditandai dengan mulai muncul garis halus dan flek hitam. Untuk itu, penggunaan pelembab yang bukan hanya berbasis minyak, tapi juga mengandung `anti-aging` sangat dianjurkan. Produk berlabel `anti-aging` tersebut dapat melawan garis halus,
kerutan dan membuat kulit wajah terlihat lebih halus dan tampak awet muda.

TAGS : Kulit Wajah Perawatan Kulit Kelembaban Kulit




TERPOPULER :