Sabtu, 20/04/2024 07:20 WIB

Oesman Sapta Ajak Wartawan Ikut Bangun Daerah

Ketua DPD RI Oesman Sapta mengajak seluruh pewarta parlemen untuk mengangkat daerahnya masing-masing melalui pemberitaan yang positif. Sebab, pers merupakan corong pembangunan bagi setiap daerah.

Pimpinan DPR, MPR, DPD dan Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen saat Refleksi akhir tahun 2018

Jakarta- Ketua DPD RI Oesman Sapta mengajak seluruh pewarta parlemen untuk mengangkat daerahnya masing-masing melalui pemberitaan yang positif. Sebab, pers merupakan corong pembangunan bagi setiap daerah.

Demikian disampaikan Oesman Sapta, saat menghadiri Refleksi Akhir Tahun bersama Pimpinan MPR RI dan DPR sekaligus acara penetapan kepengurusan baru Koordinatoriat Wartawan Parlemen periode 2018-2020, di Media Center DPR, Jakarta, Selasa (18/12).

Dalam pidato refleksi akhir tahun, Oesman Sapta menyampaikan, pers merupakan corong berita dan bahkan lebih dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu, pers harus bermartabat dalam menyampaikan informasi kepada publik.

"Kebanyakan wartawan itu berasal dari daerah,  angkatlah daerah kalian masing-masing, dorong daerah kalian untuk maju dan bangun daerah kalian melalui media, dan berikan informasi yang benar sehingga daerah kalian menjadi fokus pembangunan nasional," kata Oesman Sapta.

Faktanya, kata Oesman Sapta, pembangunan infrastruktur yang dibangun pemerintah sudah menyentuh dan dirasakan masyarakat hingga ke daerah pelosok. Untuk itulah, peran media dapat menyampaikan informasi tersebut kepada publik.

"Kita setuju kalau daerah dibangun maka harus disosialisasikan oleh media. Karena dengan pembangunan infrastruktur oleh presiden sekarang, sulit disangkal," terangnya.

Ia melanjutkan, tahun politik saat ini cukup wajar terjadi dinamika. Untuk itu, media harus bisa memberikan pemberitaan positif untuk meredam berita hoax. Sehingga, masyarakat di daerah harus mendapatakan edukasi informasi berita yang benar.

"Saya berpesan kepada semua, jangan lagi membodohi masyarakat di daerah dengan berita hoax dan berita bohong, dan pers memegang peranan sebagai corong terutama bagi lembaga parlemen. Ketika masyarakat daerah mendapatkan edukasi dan pemberitaan yang sebenarnya, mereka akan mempunyai pendidikan politik yang baik dan memilih yang baik di tahun politik nanti," terangnya.

Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Rhomdoni Setiawan dalam sambutannya sekaligus memperkenalkan kepengurusan baru Koordinatoriat Wartawan Parlemen periode 2018-2020 yang beranggotakan 145 Wartawan yang bertugas di lingkungan Parlemen MPR/DPR/DPD RI.

"Komitmen kita sebagai pengurus kordinatoriat wartawan parlemen, kami akan melayani sepenuhnya segala pemberitaan dan mendukung kegiatan di lingkungan parlemen, dan tetap di jalur kami jalur media memberikan porsi pemberitaan yang berimbang sesuai kepentingan 3 lembaga legislatif MPR/DPR dan DPD RI," pungkas Doni.

Turut Hadir Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Bambang Susatyo, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.

KEYWORD :

Ketua DPD Oesman Sapta Refleksi Akhir Tahun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :