Selasa, 21/05/2019 01:41 WIB

Daftar Kata Sandi Terburuk 2018

Dilansir dari China Daily, daftar ini, berdasarkan analisis dari lima juta kata sandi yang bocor di internet.

Masih ada sejumlah besar orang yang menggunakan password yang lemah dan mudah diprediksi di internet. (Foto/IC)

Beijing - "123456" dan "kata sandi", dua kata yang mudah ditebak, namun masih menjadi kata sandi terburuk tahun ini, menurut daftar yang dirilis SplashData, aplikasi keamanan dan penyedia layanan, selama lima tahun berturut-turut.

Dilansir dari China Daily, daftar ini, berdasarkan analisis dari lima juta kata sandi yang bocor di internet. "Kasus kebocoran data belum turun tahun ini, dan masih ada sejumlah besar orang menggunakan password yang lemah dan mudah diprediksi di internet," kata laporan itu.

 SplashData merilis ada 100 daftar kata sandi terburuk termasuk nomor atau kata-kata sederhana, seperti "111111", "sinar matahari", "putri", "666666", dan "654321".

Nama-nama umum seperti "daniel", "hannah" dan "thomas" juga kata sandi yang lemah. Dan "donald", nama depan Presiden AS Donald Trump, untuk pertama kali masuk dalam daftar tahun ini, di urutan no 23.

"Peretas memiliki kesuksesan besar menggunakan nama selebriti, istilah dari budaya pop dan olahraga, dan pola keyboard sederhana untuk membobol akun secara online karena mereka tahu begitu banyak orang menggunakan kombinasi yang mudah diingat," kata CEO SplashData,  Morgan Slain dalam sebuah pernyataan.

Slain mengatakan dengan merilis daftar tersebut, perusahaan bertujuan untuk meyakinkan masyarakat untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka secara online.

"Ini adalah penggaruk kepala nyata yang dengan semua risiko yang diketahui, dan dengan begitu banyak hacks yang dipublikasikan seperti Marriott dan Komite Kongres Nasional Republik, bahwa orang-orang terus menempatkan diri mereka pada risiko seperti tahun demi tahun," tambahnya.

Diperkirakan hampir 10 persen orang menggunakan setidaknya salah satu dari 25 password terburuk dalam daftar, dengan sekitar tiga persen menggunakan kata sandi terburuk, "123456," kata perusahaan itu.

Perusahaan menyarankan kata sandi harus memiliki tidak kurang dari 12 karakter campuran dan setiap akun harus memiliki kata sandi yang berbeda.

Sepuluh kata sandi terburuk dari daftar termasuk: "123456", "kata sandi", "123456789", "12345678", "12345", "111111", "1234567", "sinar matahari", "qwerty" dan "iloveyou".

TAGS : Kata Sandi Terburuk Facebook Media Sosial




TERPOPULER :