Minggu, 25/08/2019 08:52 WIB

Wow, Titi Rajo Bintang Bicara Poligami

Si cantik Titi Rajo Bintang bicara tentang poligami dalam pandangan, pengetahuan serta beberapa riset yang didapatnya. Hasilnya?

Titi Rajo Bintang dalam sebuah kesempatan. (Foto : Jurnas/Doknet)

Jakarta- Titi Rajo Bintang bicara tentang ramainya isu poligami yang bergulir belakangan ini. Aktris sekaligus drummer dan putri dari pengusaha hotel dan hiburan Idham Rajo Bintang dan Susie Ariani ini memiliki prinsip kiat terkait hal tersebut.
Walaupun ada beberapa perempuan yang pro dengan poligami, namun Titi Rajo termasuk perempuan yang menolak keras poligami. Menurut Titi, poligami memang diperbolehkan untuk tujuan mulia dengan beberapa syarat.

"Poligami memang dibolehkan dalam Alquran, dengan tujuan yang mulia," kata Titi dalam cuitannya di akun Twitter pribadinya baru-baru ini.

Namun, lanjut Titi, menurut riset terbaru di Indonesia, poligami ternyata berdampak negatif bagi anak-anak. Hal itu sangat disayangkan oleh Titi. Dia menginginkan adanya pengkajian ulang oleh merevisi UU Perkawinan Tahun 1974 yang menjadi celah praktik poligami di Indonesia.

UU Perkawinan yang dimaksud terdapat di Pasal 3 Ayat (2), yang mana pengadilan dapat memberi izin kepada seorang suami untuk beristeri lebih dari seorang apabila dikehendaki oleh pihak-pihak yang bersangkutan.

"Tapi kalau ternyata riset LBH (APIK) menunjukkan bahwa ternyata (poligami) ini berujung pada ketidakadilan dan membuat anak-anak jadi terlantar," ujar dia.

"Harus ada pengkajian ulang (UU Perkawinan). (Tetapi) tanpa mengabaikan ajaran agama tapi juga jangan jadi merendahkan manusia," tegas dia.

Isu poligami ini `memanas` setelah Grace Natalie mengutip riset dari LBH APIK tentang poligami yang menyimpulkan bahwa pada umumnya, praktik poligami menyebabkan ketidakadilan: perempuan yang disakiti dan anak yang ditelantarkan.

"Karena itu, kami tidak akan pernah mendukung poligami. Tak akan ada kader, pengurus, dan anggota legislatif dari partai kami yang boleh mempraktikkan poligami. Apakah kalian akan rela jika ibu kalian diduakan? Apakah Bro and Sis rela jika kakak atau adik Bro and Sis dimadu? Apakah Bro and Sis rela jika anak Bro and Sis menjadi istri kedua atau ketiga? Tidak, kita pasti tidak rela!" imbuhnya.

Seperti diketahui, aktivis Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK), Ratna Batara Munti mengungkapkan poligami sudah menjadi akar permasalahan diskriminasi pada perempuan. Tetapi, poligami belum mendapatkan tempat sebagai wacana publik hingga kini.

TAGS : Kabar Artis Titi Rajo Bintang Poligami




TERPOPULER :