Senin, 26/08/2019 15:39 WIB

Biaya Pengobatan Kanker di Iran per Tahun USD715 Juta

Peningkatan kanker di Iran karena populasi semakin banyak. Kanker perut dan kanker payudara adalah salah satu kanker paling umum di Iran dan perawatan sangat mahal.

Kanker (Foto: Tehran Time)

Tehran - Sekretaris ilmiah dari Kongres Onkologi Klinis Internasional, Payam Azadeh mengatakan, ongkos pengobatan kanker Iran pada Maret 2017 hingga Maret 2018 mencapai 30 triliun real atau hampir USD715 juta tahun lalu.

Azadeh mengatakan, peningkatan kanker di Iran karena populasi semakin banyak. Kanker perut dan kanker payudara adalah salah satu kanker paling umum di Iran dan perawatannya sangat mahal.

"Dengan mengubah gaya hidup penyakit seperti itu dapat disembuhkan, misalnya 90 persen dari pasien yang didiagnosis kanker paru-paru adalah perokok," kantor Azadeh kepada berita Fars pada Jumat (14/12).

"Dengan memperingatkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya gaya hidup sehat, maka penyakit yang paling mematikan itu bisa dicegah," tambahnya.

Wakil Menteri Kesehatan Iran, Reza Malekzadeh mengatakan, pada April, jumlah orang terjangkit kanker sebanyak 158 per 100.000 penduduk dan 143 per 100.000 penduduk (tidak termasuk kanker kulit non-melanoma) di 30 provinsi Iran setiap tahunnya.

Database menunjukkan, jumlah orang yang terjangkit  kanker (tidak termasuk kanker kulit non-melanoma) untuk pria dan wanita jika digabungkan menjadi 182 per 100.000 pada tahun 2012 yang berarti, tingkat kanker di Iran jauh di bawah rata-rata dunia.

Menurut World Health Organization, kanker adalah penyebab utama kematian kedua secara global, dan menyumbang sekitar 9,6 juta kematian pada 2018. Secara global, sekitar 1 dari 6 kematian disebabkan oleh kanker.

Sekitar sepertiga kematian akibat kanker disebabkan oleh 5 perilaku dan risiko diet terkemuka: indeks massa tubuh yang tinggi, asupan buah dan sayuran yang rendah, kurangnya aktivitas fisik, penggunaan tembakau, dan penggunaan alkohol yang berlebihan.

Dampak kanker terhadap ekonomi sangat signifikan dan terus meningkat. Total biaya  tahunan kanker pada tahun 2010 diperkirakan sekitar USD1,16 triliun.

TAGS : Kesehatan Tubuh Kanker Iran




TERPOPULER :