Rabu, 22/05/2019 21:38 WIB

Film Crazy Rich Asian Sepi Penonton Dikampung Sendiri

Di Negeri Tirai Bambu itu, film itu hanya meraup sekitar US1,1 juta atau sekitar Rp16 miliar dalam tiga hari pertama.

Constance Wu memainkan Rachel Chu, seorang dosen CHina-Amerika yang berpacaran dengan pemuda Singapura, yang berasal dari keluarga super kaya. (Foto: Warner Bros)

Beijing  - Frankie Huang tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya saat mendengar kabar Film Hollywood, Crazy Rich Asian akan ditanyangkan di China.

Crazy Rich Asians bercerita tentang kisah asmara Rachel Chu (Constance Wu), seorang wanita keturunan China-Amerika yang bertandang ke kota kelahiran sang kekasih Nick Young (Henry Golding) di Singapura, untuk bertemu keluarganya.

"Hal yang paling menggugah saya bukanlah kisah cinta," kata Huang, 31 tahun itu."Dongeng yang sebenarnya adalah untuk seseorang dari budaya tradisional untuk benar-benar memahami seorang imigran," sambungnya, dilansir Al Jazeera.

Seorang warga Shanghai, Huang sangat ingin melihat bagaimana film tersebut dapat diterima disemua kalangan. Ini disajikan, katanya, sebuah kesempatan bagi penonton China  belajar tentang dan merasakan hubungan diaspora Asia yang lebih luas, dan "merasa menjadi bagian dari keluarga ini".

Film Hollywood pertama yang menampilkan pemeran Asia selama 25 tahun, yang terakhir adalah Joy Luck Club pada 1993, Crazy Rich Asians melampau prediksi para analis di box office AS. Data terakhir film itu berhasil mengumpulkan lebih dari USD230 juta di seluruh dunia.

Kehadiran Huang mendapat pujian dan dipandang sebagai langkah maju yang besar untuk representasi Asia di Hollywood, dengan 2019 nominasi Golden Globe untuk Film Terbaik dan Constance Wu melengkapi peluncuran trilogi tahun ini.

Sejak dirilis, Crazy Rich Asia hanya meraup USD1,5 juta di China, sebuah kinerja yang "mengerikan", menurut konsultan industri film independen China Jonathan Papish.

Film ini jauh berbeda dengan penyambutan film An Unexpected of Picking Gold yang dirilis pada 30 November. "Ini peringkat di bagian bawah dari semua film yang dirilis di negara ini tahun ini," kata Papish kepada Al Jazeera.

Film blockbuster Hollywood yang menampilkan hanya para pemain Asia itu gagal masuk box office, deretan film terlaris di China, dan terseok-seok di urutan delapan pada hari-hari pertama pemutaran.

Di Negeri Tirai Bambu itu, film itu hanya meraup sekitar US1,1 juta atau sekitar Rp16 miliar dalam tiga hari pertama. "Saran saya, membuat film intinya untuk pasar," kata Papish, mengacu pada sekuelnya.

TAGS : Film Hollywood Crazy Rich Asian ASIA




TERPOPULER :