Kamis, 21/03/2019 18:32 WIB

Yuk Ubah Hidup dengan Perencanaan Keuangan yang Tepat

Masih banyak masyarakat yang tidak punya tujuan keuangan dan cenderung langsung menghabiskan uangnya.

Ilustrasi Rupiah (Istimewa)

Jakarta - Kekeliruan dalam mengelola keuangan sering dilakukan baik oleh perempuan maupun laki-laki, lantaran mereka memang belum memahami manajemen keuangan yang baik.

Kekeliruan tersebut antara lain: tidak menentukan tujuan keuangan, tidak memiliki dana darurat yang cukup, tidak berasuransi, dan tidak menabung untuk masa tua.

Masih banyak masyarakat yang tidak punya tujuan keuangan dan cenderung langsung menghabiskan uangnya. Namun, saat kita dapat menentukan target, kita akan belajar menjadi disiplin keuangan sejak dini dan dapat terhindar dari pengeluaran yang berlebihan.

Penting untuk diketahui bahwa tabungan tidak sama dengan dana darurat. Dana darurat hanya boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan uang darurat akibat kejadian yang tidak terduga, misalnya ban mobil kempes saat berkendara di daerah perkampungan, atau ketika harus membeli obat-obatan darurat.

Uang tabungan biasanya disimpan dan digunakan untuk kebutuhan masa depan yang tidak bersifat darurat, misalnya untuk membeli gadget baru.

Kebanyakan masyarakat, khususnya pekerja muda, menganggap tabungan dan perencanaan masa tua sebagai sesuatu yang bisa ditunda. Banyak juga yang berpikir bahwa perencanaan masa tua dapat dilakukan dengan cepat.

Namun, meningkatnya harapan hidup dan perubahan tren dalam berkeluarga menuntut kita untuk melakukan perencanaan masa tua yang lebih baik dan lebih besar. Menabung dan merencanakan masa tua lebih awal merupakan hal yang bijak dan dapat menguntungkan kita disaat kita sudah lanjut usia.

Inilah tips sederhana merencanakan keuangan yang bisa Anda terapkan seperti dihimpun dari berbagai sumber:

1. Rencanakan anggaran keuangan dan disiplin

Saat Anda merencanakan anggaran keuangan bulanan disarankan untuk melebihkan perkiraan pengeluaran bulanan kita. Dengan demikian, pada akhir bulan Anda masih menyimpan sisa uang yang bisa langsung ditabung.

2. Sisihkan uang Anda terlebih dulu. 

Tentukan jumlah uang yang perlu Anda sisakan tiap bulannya, dan anggap “sisa uang” ini sebagai “tagihan” (tidak boleh digunakan untuk hal lain). Sisakan sebesar 10-12% tiap bulannya dan uang tersebut akan terus bertambah.

3. Menabung dengan bijak

Pilihlah metode menabung yang sesuai dengan tujuan keuangan kita. Cari informasi terlebih dahulu bank mana yang memberikan suku bunga tabungan terbaik.

4. Kejadian tak terduga

Siap menghadapi yang tak terduga. Sisakan uang untuk kebutuhan mendesak. Jumlah uang ini senilai dengan jumlah pengeluaran harian selama 3-6 bulan untuk berjaga-jaga.

5. Tentukan tujuan keuangan

Agar dapat melihat perkembangan tabungan, Anda harus benar-benar paham berapa jumlah uang yang perlu ditabung dan berapa lama harus menabung. Saat kita mampu menentukan tujuan yang jelas, akan sangat mudah melihat kemajuan kita dalam menabung. 

TAGS : Tips Keuangan Perencanaan Keuangan




TERPOPULER :