Senin, 20/05/2019 00:32 WIB

Terhindar Diabetes, Ini Empat Tips Turunkan Berat Badan

Meski memiliki risiko lebih tinggi, orang bertubuh gemuk atau obesitas juga bisa menjalankan tahapan penurunan berat badan.

Timbangan berat badan (foto: Google)

Jakarta - Bagi seseorang dengan berat badan berlebih, hal pertama yang dilakukan agar terhindar dari diabetes adalah mencari tahu faktor penyebab kegemukan yang dialaminya.

Informasi ini diperlukan untuk menentukan tata laksana berat badan. Bukan sekadar menghindari bahaya diabetes, penurunan berat badan juga akan memperkecil berbagai risiko penyakit seperti serangan jantung, darah tinggi, kolesterol, dan sebagainya.

Lalu apa yang bisa dilakukan? Secara umum ada lima hal yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti yang direkomendasikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik, dan Diabetes dr Imam Subekti berikut ini:

1. Mengatur Pola Makan

Perlu diketahui total kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas harian, hingga dapat ditentukan asupan yang diperlukan untuk terapi diet penurunan berat badan. Penghitungan ini diharapkan dapat menurunkan kalori sebesar 5.000 - 1.000 kilo kalori per hari.

2. Aktivitas Fisik Rutin

Bisa dilakukan setidaknya tiga kali dalam satu Minggu dengan durasi 30 menit. Durasi dapat dinaikkan menjadi 45 menit sementara sesi ditingkatkan menjadi lima kali dalam seminggu.

"Aktivitas yang direkomendasikan bersifat aerobik seperti jalan atau jogging, renang, bersepeda, atau senam," ucap dr Imam yang praktik di RS Pondok Indah ini.

3. Perubahan Perilaku

Obesitas bukanlah kondisi yang terjadi tiba-tiba, melainkan dalam durasi yang panjang. Karena itu perlu komitmen secara terus menerus untuk melakukan perubahan pada gaya hidup yang dijalani.

4. Obat jika Diperlukan

Jika program pengaturan makan atau terapi diet dan aktivitas fisik belum berhasil mencapai target penurunan berat badan maka obat diperlukan setelah melalui konsultasi. 

TAGS : Berat Badan Risiko Diabetes Penyebab Kegemukan




TERPOPULER :