Senin, 10/12/2018 16:14 WIB

Ketua DPD RI Ajak Dubes Kerjasama Bangun Daerah

Ketua DPD RI Oesman Sapta mengajak Duta Besar (Dubes) negara-negara sahabat untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia.

Ketua DPD RI, Oesman Sapta Buka

Bali - Ketua DPD RI Oesman Sapta mengajak Duta Besar (Dubes) negara-negara sahabat untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia.

"Kami juga ingin mendorong untuk dilakukannya kerjasama, bukan hanya antar negara tetapi juga antar pemerintah daerah, dalam bentuk sister provinces dan sister city," kata Oesman, saat membuka forum
Regional Diplomatic Meeting (RDM) 2018 dengan tema "Memperkuat Strategi dan Efektifitas Kerja Sama Investasi dan Perdagangan Antar Daerah dan Luar Negeri", di The Stones Hotel, Bali, Jumat (7/12).

Oesman meyakini, dengan adanya kerjasama tersebut, maka pembangunan daerah dapat berjalan dengan cepat dan baik.

"Kami percaya bahwa melalui kerjasama ini, masing-masing daerah dan rakyatnya, dapat saling belajar bersama, berbagi pengalaman, sekaligus membina hubungan persahabatan," katanya.

Menurutnya, ada banyak sekali peluang-peluang baru di berbagai daerah di Indonesia yang bisa digarap secara kerjasama dengan pelaku bisnis dari masing-masing negara.

"Apalagi Indonesia menerapkan kebijakan Otonomi Daerah sehingga pengambil keputusan investasi di banyak sektor itu berada di daerah-daerah," terangnya.

Kata Oesman, Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan juga menyampaikan dalam era keterbukaan saat ini, penting untuk menjalin kolaborasi dengan mitra-mitra di luar negeri untuk bersama-sama mengambil manfaat dari hubungan ekonomi, perdagangan, sosial budaya, teknologi dan sebagainya.

"Kolaborasi tersebut akan menciptakan simbiosis mutualisme sehingga pembangunan menjadi lebih mencerminkan keadilan dan keberlanjutan (sustainability)," tegasnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam mensukseskan pembangunan dari daerah tersebut, yakni pertama, pemerintah pusat dan daerah perlu menjalin hubungan yang semakin harmonis dan sinergis sehingga setiap regulasi baik di pusat maupun daerah mencerminkan kesamaan visi dan arah serta tujuan pembangunan tersebut secara berkesinambungan.

"Kedua, kita perlu memanfaatkan segala kekuatan dan sumberdaya yang kita miliki, baik sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) sebaik mungkin dan seefisien serta seefektif mungkin agar Indonesia dapat membangun daya saing yang tangguh ke depan," kata Oesman.

TAGS : Regional Diplomatic Meeting Ketua DPD Oesman Sapta




TERPOPULER :