Jum'at, 23/10/2020 16:28 WIB

Aurat Kelihatan, Aktris Mesir Rania Youssef Terancam Bui Tujuh Tahun

Foto bintang berusia 44 tahun itu langsung viral di media sosial.

Pengadilan Youssef dijadwalkan akan dimulai pada 12 Januari (Foto: Mohamed Soliman/Reuters)

Kairo - Artis berkebangsaan Mesir harus berurusan dengan pengadilan kerena mengenakan gaun tembus pandang di Festival Film Internasional Kairo yang memperlihatkan kakinya. Perempuan tersebut terancam bui lima tahun.

Rania Youssef menghadiri acara penutupan festival tersebut pada Kamis malam (29/11). Youssef tampak cantik menggenakan gaun manik-manik hitam yang tertutup di bagian atasnya dan menerawang di bagian bawahnya. Beberapa komentator menyebutnya baju renang.

Baju itulah yang mendorong dua pengacara memperkarakan perempuan tersebut karena menambilkan hal-hal baruk yang bisa mengundang pencabulan dan kekerasan seksual lainnya.

Pengaduan Youssef ini diajukan pengacara Amro Abdelsalam dan yang kedua oleh Samir Sabri, pengacara lain yang baru dikenal karena membawa selebriti ke pengadilan.

Sabri mengatakan kepada kantor berita AFP, penampilan Youssef tidak memenuhi nilai-nilai kemasyarakatan, tradisi dan moral dan oleh karena itu merusak reputasi festival dan reputasi wanita Mesir pada khususnya.

Foto bintang berusia 44 tahun itu langsung viral di media sosial. Beberapa warganet mengkritiknya dan yang lainnya membela hak Youssef untuk memakai apa yang diinginkannya.

"Gaun dan desain ini disebut `Saya lupa celana panjang saya saat menerima penghargaan`," tulis seorang pengguna Twitter, dalam bahasa Arab.

Yang lain mengecam kritik itu, dengan satu pengguna, Estella Joyce, mendesak orang Mesir untuk menyeret diri mereka "keluar dari zaman kegelapan".

Youssef, yang merupakan anggota serikat, kemudian mengeluarkan permintaan maaf di akun Twitter resminya ke banyak (orang) yang tidak menyuka  penampilannya.

"Saya mungkin salah perhitungan ketika saya memilih untuk mengenakan gaun ini. Ini adalah pertama kalinya saya memakainya dan saya tidak menyadari itu akan memicu begitu banyak kemarahan," katanya.

"Saya menegaskan kembali komitmen saya pada nilai-nilai yang kami pakai dalam masyarakat Mesir," tambahnya.

Mesir merupakan negara konservatif dengan mayoritas Muslim. Negara Arab yang berpenduduk 100 juta orang ini mempertahankan sisa-sisa sekularisme meski telah mengalami pertumbuhan konservatisme agama selama puluhan tahun.

TAGS : Kabar Artis Dunia Arab Artis Mesir




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :