Jum'at, 26/04/2024 05:00 WIB

Yuk Ramai-ramai Ambil Bagian Jadi Relawan

Aktif dalam dunia kerelawanan dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri maupun orang lain.

Ambil peran jadi relawan dalam Festival Relawan 2018 (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Mewujudkan sebuah niat untuk perubahan baik bisa dilakukan siapa saja dengan dukungan dari komunitas, organisasi, pemerintah, dan masyarakat Indonesia. Kegiatan kerelawanan sendiri dapat menjadi sebuah kekuatan dalam mewujudkan niat baik menjadi aksi baik.

Kegiatan kerelawanan sendiri ada banyak bentuknya, seperti bantuan ke tempat yang terkena bencana, dukungan dana, kampanye sosial, hingga terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan sosial.

Seperti namanya, Community Manager Indorelawan Marsya Nurmaranti mengatakan kunci kegiatan kerelawanan harus dilandaskan pada sifat sukarela.

"Aktif dalam dunia kerelawanan dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri maupun orang lain, dengan menginspirasi orang lain untuk ikut berperan menjadi relawan," ucapnya, dalam acara Festival Relawan di Jakarta, Sabtu (1/12).

Adanya keterbukaan dari komunitas dan organisasi untuk mau bekerja sama dengan relawan, dapat dikatakan sebagai upaya terpenting dalam menarik minat orang lain agar mau ikut mengubah niatnya menjadi sebuah aksi baik yang bermanfaat.

Apresiasi terhadap kolaborasi antara komunitas atau organisasi dengan relawan, diwujudkan dengan sebuah momentum yang dinamakan "Festival Relawan". Acara ini diinisiasi oleh Indorelawan, Campaign, dan Indonesian Future Leaders yang bertujuan mengajak masyrakat Indonesia, khususnya anak muda, untuk ikut berperan menjadi relawan.

Dalam penyelenggaraannya, Festival Relawan bukan hanya mengedukasi, namun juga membantu setiap peserta yang hadir untuk menemukan isu sosial apa yang akan dikerjakan di tahun mendatang. Acara ini sendiri menjadi puncak sekaligus peringatan Hari Relawan Internasional yang jatuh pada tanggal 5 Desember dan hari peringatan bencana tsunami Aceh tanggal 26 Desember

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya ini, Festival Relawan 2018 mengambil tema "Ambil Peran Jadi Relawan”. Diselenggarakan selama 12 jam (pukul 09.00-21.00) pada 1 Desember di Piazza Area Gandaria City Mall, kegiatan ini terbuka untuk umum dan bisa diikuti berbagai kalangan usia tanpa dipungut biaya.

Festival Relawan 2018 juga menghadirkan sejumlah tokoh ternama, seperti Morgan Oey (Aktor dan Ambassador Indorelawan), Najeela Shihab (Penggagas Semua Murid Semua Guru), Faisal Basri (Indonesian Economist & Politician), Pangeran Siahaan (Co-Founder Asumsi.co),
Ayu Kartika Dewi (Co-Founder Sabang Merauke), Christian Bong (Founder @indomusikgram), Chiki Fauzi ( Spokeperson Wardah), Maria Harfanti (Miss Indonesia 2015 dan Founder of Bangun Sekolah) dan banyak lagi.

Pembicara- pembicara ini akan berbagi ilmu dan kisah-kisah inspiratif dalam tujuh panel diskusi yang disediakan. Panel-panel tersebut terdiri dari beberapa topik, seperti kesehatan, partisipasi anak muda dalam politik, kebaikan hati untuk negeri, lingkungan, pendidikan, dan kerelawanan.

“Harapannya panel-panel ini dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh relawan dan teman-teman yang hadir dalam festival relawan dan menularkan virus kerelawanan kepada seluruh teman-teman yang hadir di sini," kata Ahmad Aziz, Community Engagement Officer Campaign.

Ada pula 15 booth komunitas yang dapat langsung dikunjungi oleh peserta untuk mengenal lebih jauh tentang kegiatan-kegiatan sosial lewat mini volunteering.

Penampilan seni dan musik pun akan mengisi Festival Relawan, mulai dari Nusantari, Ikatan Sindroma Down Indonesia (ISDI), Sanggar Anak Akar, dan penampilan komika Ricky Wattimena hingga musisi Senar Senja.

“Lewatacara ini bisa menguatkan silahturahmi antar relawan dan komunitas atau organisasi untuk terus bergerak dan berkolaborasi mewujudkan Indonesia yang lebih baik," ucap Gregy Gustavo, Programme Manager Indonesian Future Leaders.

Festival relawan tak berhenti sampai di sini, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan berbagai macam aktivitas dari komunitas atau organisasi dalam bulan relawan nasional sejak tanggal 2 Desember 2018 sampai 20 Desember 2018.

KEYWORD :

Festival Relawan Aksi Sosial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :