Minggu, 19/05/2019 23:52 WIB

Pabrik Samsung Tak Penuhi Standar Kesehatan, Ratusan Pegawai Tewas

Aktivis buruh mengungkapkan, sebabyak 320 orang mengidap penyakit kangker setelah dipekerjakan oleh Samsung Electronics, dengan 118 di antaranya meninggal.

Kantor Samsung Korea Selatan

Seoul - Perusahaan Samsung meminta maaf kepada para karyawannya yang mengidap kanker karena lingkungan kerja di pabrik semikondiktor dan display tak memenuhi standar kesehatan.

"Kami dengan tulus meminta maaf kepada para pekerja yang menderita penyakit dan keluarga mereka," kata co-Presiden Samsung Electronics, Kim Ki Nam, Jumat (23/11).

Dilansir Al Jazeera, aktivis buruh mengungkapkan, sebabyak 320 orang mengidap penyakit kangker setelah dipekerjakan oleh Samsung Electronics, dengan 118 di antaranya meninggal.

"Kami gagal mengelola risiko kesehatan di pabrik semikonduktor dan LCD kami," kata Kim Ki Nam dengan penuh menyesal.

Samsung Electronics adalah produsen ponsel dan pembuat chip terbesar di dunia dan merupakan anak perusahaan andalan Grup Samsung, yang mendominasi ekonomi Korea Selatan.

Berdasarkan kesepakatan yang diumumkan awal bulan ini, perusahaan akan membayar kompensasi sebesar 150 juta won atau USD133.000 per kasus.

Perjanjian, yang berlaku untuk siapa saja yang bekerja di pabrik Samsung Electronics sejak 1984, mencakup 16 jenis kanker, beberapa penyakit langka lainnya, keguguran dan penyakit bawaan yang diderita oleh anak-anak pekerja.

Group Samsung memainkan peran utama dalam pembangunan ekonomi Korea Selatan, yang sekarang menjadi ekonomi terbesar ke 11 di dunia. Namun perusahaan itu juga  menghadapi tuduhan koneksi politik yang suram dan korupsi.

TAGS : Elektronik Terbesar Perusahaan Samsung Penyakit Kanker




TERPOPULER :