Senin, 10/08/2020 06:12 WIB

Yuk... Ambil Bagian Jadi Relawan!

Anak muda zaman now diharapkan bisa melakukan aksi sosial dan berperan aktif sebagai relawan.

Festival Relawan mengajak anak muda untuk ambil bagian menjadi relawan (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Pancasila sebagai dasar negara menggambarkan harapan pendiri bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang kental dengan budaya gotong royong.

Untuk mendukung harapan tersebut, Festival Relawan kembali hadir di tahun 2018 dengan tema Ambil Peran Jadi Relawan guna mengembalikan semangat gotong royong masyarakat Indonesia, terutama anak muda, sekaligus memberikan apresiasi kepada relawan dan komunitas yang terlibat untuk membuat Indonesia lebih baik.

“Tahun 2018 bisa dibilang tahunnya relawan, karena begitu banyak anak muda terlibat jadi relawan. Ini memberi contoh kalau anak muda tidak enggan lagi jadi relawan. Festival Relawan hadir, agar inisiatif ini mendapat apresiasi dan terus dijaga semangat,” ujar Maritta C. Rastuti, Koordinator Tim Aksi Baik.

Nyatanya, aktivitas relawan sendiri sebenarnya berperan penting pada banyak bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Misalnya, dari sekadar kebiasaan kerja bakti membersihkan jalanan dari sampah, atau mengajar anak-anak marjinal di rumah belajar, sampai mengirim bala bantuan ke tempat-tempat yang terkena bencana, seperti yang terjadi di Lombok, Palu, Donggala, dan Sigi beberapa saat lalu. Peran relawan juga tampak jelas pada penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu.

“Buat saya, it (menjadi relawan) was an eye-opening experience, also mind-changing to say the least. Semangat dan interaksi langsung adalah kemewahan, tidak hanya bagi mereka tapi bagi kita yang menjalaninya. Karena bagi saya, aksi sosial tidak hanya soal materi saja, tapi juga dukungan secara moral,” tutur Morgan Oey, aktor dan Ambassador Indorelawan.

Karena Festival Relawan adalah bentuk apresiasi sekaligus puncak perayaan kepada relawan, komunitas dan organisasi yang sudah berkontribusi untuk membuat Indonesia lebih baik. "Jadi mari kita ramaikan!” ajak Morgan

Rangkaian kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak Oktober 2018, dan akan terus berlangsung hingga Desember 2018. Kegiatan puncak Festival Relawan yang akan diselenggarakan di Gandaria City tanggal 1 Desember mendatang juga akan diisi dengan tujuh panel diskusi yang terdiri dari beberapa topik utama, seperti pendidikan, toleransi, politik, kesehatan, anak muda, influencer, dan inovasi untuk kebaikan.

Panel-panel ini juga akan dihadiri oleh beberapa pembicara ternama, seperti Morgan Oey, Najeela Shihab, Pangeran Siahaan, Faisal Basri, Cameo Project, Trivet Sembel, dan lainnya. Tidak ketinggalan juga, acara puncak ini akan dilengkapi dengan sejumlah aktivitas hiburan seperti penampilan musik dan stand-up comedy.

Selain diinisiasi oleh Indorelawan, Campaign, dan Indonesian Future Leaders (IFL), kegiatan Festival Relawan juga didukung oleh sejumlah pihak lain, seperti perusahaan. Tahun ini, PT. Paragon Technology and Innovation (Wardah Cosmetics) menjadi salah satu perusahaan yang mendukung keberlangsungan Festival Relawan sebagai sponsor.

“Kami senang dan bangga bisa mendukung event ini, sebuah event yang dapat menyebarkan semangat untuk melakukan aksi baik, terutama untuk generasi muda. Kami ingin mengajak partisipasi dan kolaborasi seluasnya untuk bersama-sama memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa kita," ujar Nelsa Dwi Wahyuni, Public Relations Officer PT. Paragon Technology and Innovation.

Ada pula sejumlah komunitas dan organisasi lain yang turut mendukung Festival Relawan, seperti keterlibatan Indika Foundation dalam Festival Relawan 2018. Keterlibatan sejumlah pihak ini menjadi bentuk nyata bahwa masih ada banyak yang peduli terhadap Indonesia.

"Kerelawanan sudah ada sejak dulu. Para pejuang dengan sukarela ikut membela negara dan para pemuda dengan sukarela ikut mendorong kemerdekaan. Hingga kini, kita bergerak bukan karena terpaksa, tapi karena kita ingin ikut melakukan sesuatu untuk Indonesia. Kerelawanan adalah wujud nyata gotong royong. Karena gotong royong adalah salah satu nilai Indika Foundation, maka kami mendukung penuh Festival Relawan sebagai bentuk nyata kontribusi untuk Indonesia,” tutur Managing Director Indika Foundation, Ayu Kartika Dewi.

Keberlangsungan Festival Relawan sendiri diharapkan mampu meningkatkan kesadaran anak muda untuk mulai aktif dalam dunia kerelawanan dari sekarang, dan terus menginspirasi orang lain juga untuk aktif melakukannya. Cerita inspiratif lewat pengalaman menjadi relawan sendiri juga bisa diunggah ke media sosial dengan menggunakan tagar #JadiRelawan.

TAGS : Morgan Oey Festival Relawan Aksi Sosial




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :