Selasa, 21/05/2019 01:46 WIB

Tiap Usia Miliki Masalah Kulit Berbeda

Ternyata perawatan harian tidaklah cukup jika Anda hanya rajin mencuci wajah dan menggunakan pelembap.

Tiap usia miliki masalah kulit masing-masing, Anda usia berapa (Foto: Hudgensmd)

Jakarta - Merawat kulit merupakan proses yang tidak pernah selesai karena kulit membutuhkan perawatan rutin seiring dengan bertambahnya usia dan masalah yang dialami setiap individu.

Namun orang kerap meremehkan perawatan kulit, padahal kulit merupakan organ yang mencerminkan kualitas kesehatan seseorang dan merupakan organ tubuh yang sangat kompleks serta membutuhkan perhatian dan perawatan yang beragam sesuai dengan iklim sekitar, usia, jenis kelamin, ras, genetik dan lokasinya pada tubuh.

Kulit yang juga berperan penting dalam mengatur suhu tubuh, merupakan organ tubuh kita yang terbesar. Orang dewasa rata-rata memiliki permukaan kulit seluas 1,5-2 meter dengan berat sekitar 16 persen dari berat tubuhnya.

Karena sifat kulit setiap individu berbeda, masalah kulit yang timbul pun berbeda. Usia juga sangat menentukan perbedaan karakteristik kulit dan masalahnya, seperti pada usia 20-an masalah yang umum dialami antara lain seperti kulit wajah berminyak, tampak kusam, mudah berjerawat, memiliki bekas jerawat, dan lain sebagainya.

Pada usia 30-an, di samping masalah jerawat yang kadang masih terjadi, usia ini juga sudah berpotensi memiliki tanda-tanda penuaan dini kulit,  Sementara pada usia 40-an, di samping mulai munculnya masalah kulit seperti bercak hitam atau flek, garis halus, kerut dan kendur karena penuaan kulit, ada kemungkinan terjadinya tumor kulit ataupun masalah kulit lainnya.

Head of Business Development ERHA dr Norita Sembada jika semua orang berhak memiliki kulit yang sehat dan pengetahuan yang tepat mengenai cara merawat kulit.

"Karena hanya dengan melakukan perawatan dan memiliki pengetahuan yang tepat, seseorang bisa mencapai kualitas kulit terbaiknya," ucap Norita.

"Contohnya, menerapkan perawatan harian tidaklah cukup jika individu tersebut hanya rajin mencuci wajah dan menggunakan pelembap tetapi membiarkan kulitnya terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya,” sambungnya.

TAGS : Masalah Kulit Perawatan Kulit




TERPOPULER :