Jum'at, 14/12/2018 06:19 WIB

Kementan Jamin Bawang Merah Surplus Natal dan Tahun Baru

Jumlah kebutuhan nasional periode bulan Desember 2018 -Januari 2019 diperkirakan 165 ribu ton. Sementara ketersediaan nasional ditaksir mencapai 190 ribu ton.

Dirjen Hortikultura, Suwandi menggelar pasar lelang hortikultura di Temenggung (Foto: Istimewa)

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan harga kebutuhan pangan strategis, khususnya bawang merah untuk Natal dan Tahun Baru aman, bahkan surplus.

Demikian kata Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi  kepada jurnas.com usai Rapat Konsolidasi Persiapan Implementasi Program #SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) dan Pembekalan Sumber Daya Manusia Pengelolanya, di Gedung Kementerian Pertaian (Kementan), Jakarta, Rabu (21/11).

"Jadi bawan merah itu sudah kita tanam dua bulan yang lalu dan diperkirakan akan panen pada Desember dan Januari, bahkan surplus. Jakarta dan seluruh Indonesia surplus," ujar Wandi sapaan Suwandi.

"Cabai juga begitu. Kamis sudah siapkan dua atau tiga bulan yang lalu," tambahnya.

Lebih lanjut, Wandi menjelaskan, pasokan bawang merah secara nasional untuk Natal dan Tahun Baru nanti akan diisi dari sentra Brebes, Cirebon, Demak, Garut, Nganjuk, Pati, Enrekang, Probolinggo hingga Solok Sumatera Barat yang dipanen mulai akhir November hingga akhir Desember 2018 dan Januari 2019.

Jumlah kebutuhan nasional periode bulan Desember 2018 -Januari 2019 diperkirakan 165 ribu ton. Sementara ketersediaan nasional ditaksir mencapai 190 ribu ton.

Wandi merinci, untuk kebutuhan Jabodetabek, pihaknya mengkalkulasi sekitar 8 ribuan ton per bulan atau setara panen sekitar 800 - 900 Hektare.

"Ambil contoh di Kecamatan Mijen dan Karanganyar Demak saja akan panen tak kurang dari 2.000 hektar di Bulan Desember nanti. Brebes lebih dari 1.500 hektar akan dipanen hingga jelang akhir Desember nanti. Apalagi nanti kalau memasuki Januari, akan disusul panen raya di Brebes yang diestimasi lebih dari 7.000 hektare. Demikian juga di Nganjuk, Cirebon, Majalengka dan sentra lainnya semua panen," jelasnya optimis.

"Kami sudah hitung dari 14 sentra pemasok bawang merah ke Jabodetabek, setelah dikurangi untuk kebutuhan konsumsi lokal, produksi pada Desember saja masih surplus 31 ribu ton lebih dan Januari surplus lebih dari 96 ribu ton," terang Wandi.

"Sisa surplus tersebut nantinya akan mendukung pasokan pasar diluar Jabodetabek. Jadi intinya, masyarakat silakan tenang dan senang karena pasokan bawang merah dijamin aman," jelasnya.

TAGS : Tahun Baru Harga Komoditas Bawang Merah




TERPOPULER :