Rabu, 19/12/2018 03:14 WIB

Spanyol Siap Pasang Badan Tolak Kesepakatan Brexit

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan bahwa negaranya akan memilih menentang perjanjian tentang penarikan Inggris dari Uni Eropa (UE) karena ketidakjelasan mengenai Gibraltar.

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez

Jakarta - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan bahwa negaranya akan memilih menentang perjanjian tentang penarikan Inggris dari Uni Eropa (UE) karena ketidakjelasan mengenai Gibraltar dalam kesepakatan tersebut.

"Selama 72 jam, kami menemukan bahwa dalam dokumen-dokumen penarikan dan hubungan masa depan, itu tidak menjelaskan sesuatu yang fundamental bagi kami: Gibraltar bukan milik Britania Raya, tetapi diwakili oleh Britania Raya," kata Sanchez dikutip Plenglish.

Selama acara yang diselenggarakan di Madrid oleh majalah The Economist, pemimpin Sosial Demokrat menyatakan bahwa Spanyol akan menolak pakta penarikan London dari Uni Eropa,  sebuah proses yang dikenal sebagai Brexit, jika tidak ada klarifikasi yang dibuat tentang status Gibraltar.

"Sebagai sebuah negara kita tidak dapat berasumsi bahwa apa yang akan terjadi dengan wilayah itu hanya bergantung pada negosiasi Inggris dengan blok Uni Eropa, karena itu adalah sesuatu yang Spanyol harus diskusikan langsung dengan Kerajaan Inggris," ujarnya.

Dia membenarkan posisi ini dengan mengingat bahwa tidak ada dokumen yang disajikan untuk mengatur Brexit atau hubungan politik berikutnya antara London dan Brussels menentukan bahwa masalah yang berkaitan dengan Gibraltar akan berada di luar kerangka negosiasi Komunitas.

Kata-katanya sejalan dengan Menteri Luar Negeri Josep Borrell, yang terkejut bahwa perjanjian pemisahan tersebut tidak secara khusus mengakui kapasitas negosiasi Madrid sehubungan dengan hubungan masa depannya dengan Gibraltar di luar Uni Eropa.

"Negosiasi masa depan di Gibraltar adalah negosiasi terpisah. Dan itulah yang perlu dibuat jelas. Sampai jelas, kami tidak akan bisa memberikan persetujuan kami," kata Menteri Luar Negeri Spanyol hari sebelumnya.

Gibraltar akan meninggalkan Uni Eropa bersama-sama dengan Inggris pada Maret 2019, meskipun 96 persen dari warganya memilih mendukung sisa dalam blok dalam referendum 2016 untuk bertahan dengan Uni Eropa.

TAGS : Kesepakatan Brexit Uni Eropa Spanyol Inggris




TERPOPULER :