Sabtu, 29/02/2020 10:37 WIB

Ibu Hamil, Ini Alasan Kurangi Makanan Manis

Banyak yang masih belum mengetahui alasan ibu hamil harus mengurangi makanan manis.

Ilustrasi ibu hamil

Jakarta - Tahukah Anda jika dalam kondisi hamil, calon ibu harus memperhatikan asupan nutrisi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk kesehatan sang ibu dan juga perkembangan janin dalam kandungan.

Dengan begitu wajar jika calon ibu harus lebih selektif memilih makanan yang terbaik dan menghindari makanan yang tidak memiliki kandungan manfaat bagi tubuh.

Salah satu makanan yang wajib dikurangi saat hamil yakni makanan manis atau makanan dengan kandungan gula yang berlebihan.

Alasannya karena dapat menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan ibu dan sang jabang bayi. Banyak yang masih belum mengetahui alasan ibu hamil harus mengurangi makanan manis.

Berikut beberapa alasan mengapa ibu yang sedang mengandung harus mengurangi makanan manis.

1. Memperburuk kondisi ibu hamil

Pada umunya, selama masa kehamilan, sang ibu akan mengalami beberapa kondisi yang tidak mengenakan. Mulai dari rasa mual, muntah, suasana hati yang tidak menentu dan juga naiknya asam lambung. Dengan mengkonsumsi makanan yang manis-manis dapat berpotensi memperburuk kondisi tersebut.

2. Menyebabkan naiknya berat badan

Dalam kondisi hamil, berat badan ibu akan bertambah. Ditambah lagi jika ibu hamil mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan. Hal ini akan menyebabkan kenaikan berat badan secara berlebihan. Kondisi tersebut akan membuat ibu kesulitan menrunkan kembali berat badannya setelah melahirkan nanti.

3. Bayi berisiko terkena diabetes

Jika suka mengkonsumsi makanan manis, janin yang ada didalam kandungan ibu hamil tentu juga akan menyukai makanan manis. Hal ini akan terjadi hingga dia lahir sehingga nafsu untuk mengkonsumsi makanan manis sulit dikendalikan. Dengan begitu anak akan rentan terkena penyakit diabetes dan resiko penyakit lain saat dewasa.

4. Ibu hamil kekurangan gizi

Makanan manis jika dikonsumsi memang bikin ketagihan. Tetapi jika berlebihan justru akan mengurangi asupan makanan lain yang jauh bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi. Tentu saja hal ini dapat mengakibatkan ibu hamil kekurangan gizi yang bisa berdampak pada memburuknya kondisi ibu hamil dan perkembangan janin.

5. Menjadi mudah lelah

Ketika dalam keadaan hamil, tubuh mudah terasa lelah. Dengan ditambahnya hobi mengkonsumsi makanan manis, kondisi seperti ini akan bertamabh berkali lipat. Karena pada saat kita makan makanan manis secara berlebihan, maka secara otomatis kadar gula akan terus meningkat dan akibatnya tubuh mudah merasakan lelah

TAGS : Ibu Hamil Makanan Manis Risiko Diabetes




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :