Sabtu, 24/08/2019 04:54 WIB

Tak Selalu Buruk, Stres Juga Ada yang Baik

Ada jenis stres yang tergolong sebagai stres baik dan justru bisa memberikan manfaat bagi diri kita.

Ilustrasi stres (Foto: Boldsky)

Jakarta - Stres merupakan kondisi di mana diri kita merasa tertekan dan merupakan sebuah dampak dari situasi yang tengah dihadapi.

Maka tak heran jika setiap kali mendengar kata “stres”, yang terbayang pasti tak jauh-jauh dari suatu hal yang buruk. Padahal stres tidak selalu berdampak buruk bagi diri Anda, lho!

Dikutip dari laman Journal Sociolla, stres tidak selalu berdampak buruk bagi diri Anda, lho! Ada jenis stres yang tergolong sebagai stres baik dan justru bisa memberikan manfaat bagi diri kita.

Stres baik merupakan tipe stres yang terjadi saat Anda merasa excited akan suatu hal. Jenis stres ini hanya berlangsung sesaat, sehingga tidak berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Ada beberapa jenis situasi yang bisa menyebabkan stres baik, seperti deadline, ujian, kencan pertama, atau bahkan permainan yang memacu adrenalin.

Dalam jumlah yang wajar, stres bisa membawa manfaat bagi tubuh. Mulai dari memicu otak untuk belajar, hingga bisa membuat diri Anda menjadi lebih termotivasi.

Misalnya, saat menghadapi deadline tugas, umumnya seseorang dapat menjadi lebih fokus saat mengerjakan pekerjaannya. Atau saat menghadapi ujian, seseorang cenderung belajar secara ekstra agar mendapatkan hasil terbaiknya.

Perlu dipahami, stres baik dapat berubah menjadi stres buruk jika berlangsung secara terus menerus. Soalnya, diri Anda tidak sempat beristirahat dan menjadi kewalahan akan tekanan yang dihadapi.

Apapun jenis stres yang dihadapi, tidak baik untuk berlama-lama diam dalam dua kondisi ini. Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Seperti mulai belajar menenangkan diri dengan cara mengatur teknik pernapasan untuk melepaskan stres dan tekanan.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari meditasi sederhana untuk menenangkan diri, atau mengendurkan tekanan dalam diri Anda melalui gerakan, seperti olahraga, yoga, atau berjalan kaki.

TAGS : Stres Baik Tekanan




TERPOPULER :