Jum'at, 16/11/2018 01:34 WIB

Kementan Sulap Lahan Bekas Tambang jadi Taman Horti

Menurut Amran, taman yang terbentang luas tersebut dulunya adalah bekas lahan tambang, yang kemudian disulap menjadi areal pertanian yang produktif.

Menteri Peranian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat menghadiri Pekan Pertanian Rawa Nasional II di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Rabu (17/10).

Banjarbaru - Di tengah-tengah kunjungan Hari Pangan Sedunia ke-38 di Kalimantan Selatan, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyempatkan sore hari berkunjung ke salah satu taman horti di bilangan Banjarbaru.

Setelah hampir 30 menit mengitari taman tersebut, Putra Bone, Sulawesi Selatan itu mampir di sebuah saung kecil yang berada di tengah hamparan berbagai tanaman hortikultura. Ia suguhkan durian lokal, nanas dan buah pisang.

"Kami berterima kasih kepada teman-teman yang terlibat dalam pangan dunia. Ini luar biasa. Tempat ini bisa manjadi wadah menggali pengetahuan soal pertanian," kata Amran.

Menurut Amran, taman yang terbentang luas tersebut dulunya adalah bekas lahan tambang, yang kemudian disulap menjadi areal pertanian yang produktif.

"Ini luar biasa dan menjadi pelajaran berharga. Ini tempat untuk mengedukasi petani-petani di seluruh Indonesia," jelas Amran.

Amran pun berharap program serupa tersebut tetap dilanjutkan dan dikembangkan di seluruh Indonesia, khususnya yang ada di Pulau Kalimantan yang memiliki areal tanam yang tidak produktif.

"Nah ini solusinya. Solusi bekas tambang yang ada di Pulau Kalimantan. Tadi kalian lihat ada tanaman hortikultura. Ada juga ayam bonsor (Murung panggang, Red) dan sapi," jelasnya.

TAGS : Banjarbaru Andi Amran Sulaiman horti




TERPOPULER :