Sabtu, 20/04/2024 05:28 WIB

Pemulihan Bencana, Bank Dunia Siapkan 1 Miliar Dollar

Pemerintah mengapresiasi perhatian dan dukungan dari masyarakat internasional untuk membantu pulihkan bencana. 

Ilustrasi Gempa Bumi

Bali - Bank Dunia menyiapkan bantuan pendanaan hingga 1 (satu) miliar dollar kepada pemerintah Indonesia untuk melengkapi upaya-upaya bantuan rekonstruksi di daerah-daerah yang terkena bencana gempa di Sulawesi dan Lombok.

Bantuan ini juga diharapkan memperkuat ketahanan jangka panjang Indonesia terkait pendanaan pasca bencana.

Pendanaan akan tersedia berdasarkan permintaan dari pemerintah, dengan dipandu hibah US $ 5 juta untuk bantuan teknis bagi perencanaan terperinci, untuk memastikan rekonstruksi akan bertahan dengan baik dan diterapkan dengan berbasis masyarakat.

Chief Executive Officer Bank Dunia, Kristalina Georgueva pada hari Jumat lalu dirinya mengunjungi Kota Palu bersama Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Sangat menggugah hati melihat kehancuran dan mendengar kisah-kisah mereka yang terdampak bencana,” kata Kristalina di Bali, Minggu (14/10).

Merespons bantuan Bank Dunia ini, pemerintah Indonesia memberikan apresiasi yang besar. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Menkeu) mengatakan, Indonesia memang mengundang Bank Dunia dan lembaga-lembaga lain untuk membantu pembiayaan dan asuransi risiko bencana karena sudah menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia, terutama karena sering terjadi bencana pada beberapa pekan terakhir.

“Pemerintah mengapresiasi perhatian dan dukungan dari masyarakat internasional pada saat kami membutuhkan, termasuk dari Group Bank Dunia. Memulihkan kehidupan dan mata pencaharian masyarakat yang terdampak bencana adalah prioritas utama pemerintah” ujar Menkeu dalam siaran persnya.

Paket bantuan ini dapat mencakup dana transfer tunai untuk 150.000 keluarga termiskin yang terdampak bencana untuk jangka waktu antara 6 bulan hingga satu tahun. Penguatan sistem perlindungan sosial yang ada ini dirancang untuk mendukung ekonomi dan lapangan kerja lokal selama tahap pemulihan.

Bantuan ini juga diusulkan untuk dapat mencakup program pemulihan darurat baru yang mandiri untuk mebiayai pembangunan kembali fasilitas publik dan aset infrastruktur penting, seperti rumah sakit, sekolah, jembatan, jalan raya, dan infrastruktur pasokan air bersih.

“Ibu Kristalina sudah mengunjungi lokasi gempa di Palu dan melihat sendiri bagaimana upaya-upaya pemerintah dalam menanggulangi pasca bencana disana. Beliau terharu sekaligus terkesan, karena pada saat yang sama kita juga mampu menyelenggarakan pertemuan tahunan ini dengan sangat," kata Menkeu. 

KEYWORD :

Bank Dunia Bantuan Gemoa Palu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :