Rabu, 12/12/2018 09:33 WIB

Waspada, Mengupil Tingkatkan Risiko Radang Paru-paru

Mengupil dapat meningkatkan risiko terkena radang paru-paru, lewat bakteri bernama Pneumococcus yang kerap kali menyebar lewat udara dan tangan.

Mengupil (Foto: Business Insider)

Jakarta – Jika anak-anak Anda memiliki kebiasaan mengupil dan menggosok-gosokkan tangan di permukaan hidung, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam European Respiratory Journal, mengupil dapat meningkatkan risiko terkena radang paru-paru, lewat bakteri bernama Pneumococcus yang kerap kali menyebar lewat udara dan tangan.

“Studi ini telah menunjukkan bahwa tangan dapat menyebarkan bakteri ini, juga benda-benda seperti ponsel, mainan anak-anak bisa menambah penyebarannya,” kata peneliti klinis asal Liverpool School of Tropical Medicine, Victoria Connor dilansir dari AFP pada Kamis (11/10).

Secara global, kematian balita di bawah lima tahun yang disebabkan oleh pneumonia atau radang paru-paru mencapai 1,3 juta jiwa setiap tahun. Karena itu orang dewasa dan remaja penting mengetahui hal ini.

“Mungkin tidak realistis membuat anak-anak berhenti menusuk dan menggosok hidung mereka. Tapi bagi orang tua, memastikan tangan yang baik dan membersihkan mainan si anak akan mengurangi infeksi pneumonia,” terang Connor.

Para responden dalam penelitian itu, lanjut Connor, kemungkinan besar mendapatkan bakteri di hidung mereka, entah karena terkena sampel pneumococcus basah atau kering.

Akan tetapi risiko lebih tinggi pada kelompok "mengendus basah" dan "mengupil", yang menunjukkan bahwa proses pengeringan dapat membunuh beberapa bakteri.

TAGS : Mengupil Kesehatan Paru-paru




TERPOPULER :