Kamis, 04/03/2021 18:52 WIB

Menteri Amran: Syarat Konglomerat, Bongkar Kebiasaan Lama

Yang mengendalikan Indonesia bahkan dunia adalah para konglomerat.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat memberi Kuliah Umum di Universitas Negeri Padang, Rabu (3/10).

Padang - Wirausaha tidak sulit kalau punya keinginan. Demikian kata Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman saat membuka kuliah umum di Universitas Negeri Padan Padang (UNP), Rabu (3/10).

Dalam kuliah umum tersebut, Amran memaparkan kiat-kiat wirausaha muda yang sukses ia praktekkan dalam sejarah perjalanan hidupnya sendiri. Di antara tips itu adalah, harus bisa bekerja keras, jujur, disiplin, pantang menyerah dan belajar keras.

Menurut Amran, yang  mampu mengendalikan Indonesia bahkan dunia adalah para konglomerat. Hanya saja, masih ada mindset atau pola pikir yang harus diubah di masyarakat.

"Mindset yang  berkembang di masyarakat seorang dianggap bekerja jika berpakaian dinas. Itulah yang harus diubah di masyakarat," ungkap Amran.

Lebih lanjut Amran menerangkan, untuk menjadi wirausaha muda sukses, generasi muda tidak boleh gampang menyerah. Sebab, perjalanan untuk menjadi sukses pasti dihadapkan berbagai tantangan.

"Kami dulu 13 tahun perjalanan wirausaha, tidak menyerah, pantang menyerah, karena yang bisa mengendalikan dunia adalah para konglomerat," ujarnya.

Dulu umur sembilan tahun, Amran mengaku sudah bekerja menggali dan mengumpulkan batu gunung untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Jari kami besar-besar. Jari kelingking dan jempol semua sama. Itu karena kerja keras kami. Jangan manja. Manusia yang besar lahir dari ombak, bukan di kolam renang yang tenang," tegas Amran.

"Seharusnya Padang ini melahirkan banyak konglomerat, karena sebagian besar pejuang berasal dari tanah Minang ini," ujar Amran.

Di tempat yang sama, Rektor UNP, Ganefri mendorong mahasiswanya agar tidak hanya bercita-cita jadi PNS, tapi juga masuk ke sektor pertanian.

"Kami berharapa ke depannya ada lulusan mampu mebuat lapangan pekerjaan di sektor pertanian. Karena lahan kita di Indonesia sangat besar," katanya.

"Bahkan kami berharap lulusan kami mampu menciptakan lapangan kerja sebelum lulus kuliah," tambahnya.

TAGS : Padang Kementan Andi Amran Sulaiman manggis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :