Kamis, 04/03/2021 19:44 WIB

Manggis Minang Perdana Melapak ke Tirai Bambu

Andi Amran Sulaiman melepas 500 kontainer atau setara 10.000 ton buah manggis Minang ke Negeri Tirai Bambu.

Pemerintah China membuka kembali kran ekspor Manggis dari Indonesia

Padang - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melepas10.000 ton buah manggis Minang ke Negeri Tirai Bambu. Pelepasan dilakukan di Jorong Sawah Laweh, Nagari Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Limapuluh Kota, Sumbar, Selasa (2/10).

Ekspor dilakukan sesaat setalah Menteri Amran malakukan penandatanganan MoU dengan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Bank Indonesia terkait percepatan ekspor komoditas pertanian dan pengendalian inflasi melalui dukungan terhadap pengembangan usaha sektor pertanian di wilayah perbatasan Provinsi Kepri, di Jakarta.

Kementan di bawah pimpinan Menteri Amran, sukses besar mengekspor beberapa komoditas ke negara tetangga. Di antaranya bawang merah, jagung, telur, daging ayam, benih sayuran dan tanaman hias lainnya.

Sekedar diketahui, 2018 ini merupakan peluang emas untuk menggenjot ekspor manggis. Apalagi setelah Badan Karantina Pertanian bernegosiasi dengan Tiongkok selama 5 tahun sebelum akhirnya keran impor mereka kembali dibuka.

Selain Tiongkok, tujuan negara ekspor manggis Indonesia di antaranya adalah ke Thailand, Australia, New Zealand, Malaysia, Viet Nam, Uni Emirat Arab, Perancis, Belanda, Saudi Arabia, Oman, Qatar, Hong Kong, Cambodia, Kuwait, Bahrain, Italia, Singapura, Swiss, Spanyol, Kanada, Jerman, Inggris dan Timor Leste. Dan terus diupayakan bisa memperluas pasar ke negara lainnya.

TAGS : Padang Kementan Andi Amran Sulaiman manggis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :