Jum'at, 26/04/2024 12:25 WIB

Sambut Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018

BKGN 2018 akan memberikan edukasi mengenai pentingnya melindungi kesehatan gigi seluruh anggota keluarga.

BKGN 2018 memberikan edukasi mengenai pentingnya melindungi kesehatan gigi seluruh anggota keluarga (Foto: Istimewa)

Jakarta - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan brand pasta gigi Pepsodent akan kembali menggelar agenda tahunan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang tahun ini memasuki kali pelaksanaan ke-sembilan.

BKGN 2018 akan memberikan edukasi mengenai pentingnya melindungi kesehatan gigi seluruh anggota keluarga terutama dari risiko yang ditimbulkan oleh gula tersembunyi yang ternyata banyak kita konsumsi setiap hari.

Pada dasarnya, gula memang merupakan unsur makanan yang sangat dibutuhkan, sebagai salah satu sumber karbohidrat yang paling penting dan paling mudah dicerna untuk memaksimalkan fungsi kerja tubuh dan otak.

Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc menjelaskan, konsumsi gula berlebih ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat akan kehadiran gula tersembunyi dalam makanan dan minuman yang mereka konsumsi setiap hari.

"Makanan atau minuman yang tidak manis sekalipun dapat mengandung gula tersembunyi penyebab gigi berlubang. Gula tersembunyi ini bisa hadir sebagai tambahan dalam makanan olahan, maupun secara alami di dalam bahan makanan," ujarnya dalam peluncuran BKGN 2018.

BKGN 2018 akan dimulai pada tanggal 18 September 2018 bertempat di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan  PSPDG Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, selain anak-anak sebagai fokus edukasi yang utama, kegiatan pembukaan BKGN 2018 juga akan langsung melibatkan seluruh anggota keluarga dalam memberikan ragam edukasi mengenai cara merawat kesehatan gigi dan mulut yang benar, terutama dengan lebih memahami dan mewaspadai risiko gula tersembunyi.

Demi hasil yang efektif, edukasi ini akan dilakukan melalui berbagai wahana dan permainan interaktif yang seru untuk seluruh anggota keluarga.

Tahun ini BKGN memiliki target untuk menjangkau lebih dari 65.000 masyarakat Indonesia melalui rangkaian aktivitas yang digelar di 23 Fakultas Kedokteran Gigi dan 40 cabang PDGI di berbagai wilayah Indonesia hingga Desember mendatang.

Pelaksanaan BKGN sejalan dengan program Unilever Sustainable Living Plan dalam mendorong 1 milyar orang di seluruh dunia untuk mengambil tindakan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mereka, termasuk kesehatan gigi dan mulut.

Melalui ragam aktivitas yang dihadirkan, kami percaya bahwa tujuan utama dari penyelenggaraan BKGN 2018, yaitu menciptakan Senyum Sehat Keluarga Indonesia, akan tercapai sebagai dukungan bagi pemerintah menuju Indonesia bebas karies tahun 2030, tutup dr. Mirah.

KEYWORD :

BKGN Kesehatan Gigi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :