Selasa, 20/11/2018 02:56 WIB

Karya Dul Jaelani Ternyata Pernah Ditolak Label

Dul Jaelani merasakan jatuh bangun dalam merintis karirnya bermusik. Ia pun tak ingin melibatkan ayah dan bundanya.

Dul Jaelani saat jumpa pers untuk single terbarunya Taklukkan Dunia. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta- Darah seni Ahmad Dhani dan Maia Estianty mengalir kental dalam diri si bungsu Abdul Qodir Jaelani. Sosok Dul telah tumbuh menjadi sosok anak remaja, namun berpikir jauh lebih dewasa dengan menuangkan kisah-kisah cinta yang dialaminya dalam bait-bait lirik.

Tidak sekedar itu saja, ia juga menuangkan semua ide dan keinginannya dalam mengaransemen musik yang sesuai dengan tastenya. Sampai akhirnya, ia yakin dengan melangkah sendiri tanpa bantuan sang ayah (Ahmad Dhani) yang jenius dalam bermusik, atau sang bunda yang lembut dengan taste musiknya yang berwarna.

Yup, Dul begitu dirinya biasa disapa, baru saja menunjukkan dirinya dengan menelurkan sebuah single bertajuk “Taklukkan Dunia” bersama label 401. Ia bahkan enggan untuk masuk dalam management sang ayah RCM dan juga label sang bunda. Ia ingin berusaha seorang diri dengan segala kreativitas musik yang dimilikinya.

"Sejak lama saya tidak ingin berada dalam management ayah. Dan saya juga tidak masuk dalam label bunda. Saya ingin merintis semuanya dari nol dan menawarkan karya-karya saya ke beberapa label. Tidak langsung diterima, bahkan ditolak,” ungkap Dul, di Gedung Kedutaan Prancis, Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (30/8) malam.

“Mungkin, penolakan itu terjadi karena dulu saya idealis banget. Dan dengan perjuangan sendiri, akhirnya sekarang ketemu label yang punya visi yang sama.  Ayah dan bunda sudah merestui apa yang saya putuskan. Aku anak ayah bunda yang terakhir, ingin berdikari dengan musik sendiri, usaha sendiri," sambung Dul di hadapan awak media dan tamu undangan.

Menurut Dul, meski dirinya sudah dikenal sejak lahir dan terlahir dari anak musisi, kenyataannya ia lebih ingin melangkah sendiri. Ia ingin label menerima karyanya dan bukan faktor orang tuanya.

"Saya ingin label melihat karya saya. Memahami dan menyukainya lalu kita bekerjasama. Kalau bahas musik, nomor satu adalah karya. Mau anaknya siapa, faktor utama adalah karya bukan uang dan lain-lain," terang Dul.

Single “Taklukkan Dunia” milik Dul Jaelani mengambil genre musik elektronik. Dul sendiri sempat sinis dengan aliran musik tersebut.

"Iya, genre musiknya atau soulnnya EDM. Saya sendiri sempet sinis pada musik zaman now. Tapi aku merasa kayak haters kalau cuma nyinyir doang. Waktu itu aku merasa tertantang untuk bikin musik elektronik. Alhamdullilah kesampaian, dibantu sama Bang Pay," jelas Dul.

"Saya tipe musisi yang suka mengeksplor. Single pertama saya, "Kamu dan Aku", pop alternatif. Single kedua "Cakrawala", lagunya grunge. Jangan kaget juga kalau single keempat saya mungkin dangdut. Saya akan terus mengeksplor musik. Insya Allah saya akan terus mengeksplor," tambah Dul.

TAGS : Kabar Artis Dul Jaelani Maia Estianty




TERPOPULER :