Selasa, 20/11/2018 12:23 WIB

Kulit Mulai Keriput? Atasi dengan Wortel

Pada umumnya orang mengenal wortel hanya untuk mendapatkan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata agar tetap baik.

Manfaat lain wortel (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Mendapatkan kulit cantik dan mulus tidak perlu dengan perawatan mahal. Dengan mengkonsumsi sayuran seperti wortel ternyata bisa mencegah timbul nya keriput dan penuaan pada kulit wajah.

Pada umumnya orang mengenal wortel hanya untuk mendapatkan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata agar tetap baik.

Tetapi siapa menyangka, jika tumbuhan biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar ini memiliki manfaat yang baik juga untuk kulit. Salah satunya dengan mencegah timbulnya keriput dan penuaan.

Wortel memiliki kandungan antioksidan, vitamin serta serat yang dapat memberikan manfaat bagi kecantikan kulit.

Sayuran berwana orange ini bisa dimanfaatkan dengan cara dimasak. Tidak semua sayuran baik apabila dimakan mentah. Ini karena vitamin C akan cepat rusak bila terkena panas.

Namun beberapa antioksidan yang ada pada wortel akan meningkat jumlahnya ketika dimasak.

Berdasarkan penelitian di Arkansas, AS, wortel yang sudah dimasak mengandung antioksidan 34 persen lebih banyak dibanding yang masih mentah.

Kandungan lain seperti falkarinol, komponen dengan bahan anti kanker juga lebih banyak. Hal ini juga dijelaskan pada penelitian di UK’s Newcastle University. Yaitu wortel yang sudah dimasak komposisinya akan berubah.

Wortel yang sudah dimasak akan kehilangan kemampuannya dalam menahan air. Akibatnya konsentrasi falkarinol meningkat.

Para ahli menyarankan, masak wortel dalam keadaan utuh akan membuat kandungan falkarinolnya meningkat 25 persen lebih banyak. Untuk mencegah keriput dan penuaan pada kulit sebaiknya wortel rutin dikonsumsi.

Wortel bisa direbus, diolah menjadi campuran sayur sop, capcay dan lainnya. Selain dikonsumsi dari dalam, wortel juga bisa membantu pemakaian dari luar. Yakni dengan dijadikan masker wortel.

Membuat masker wortel sangatlah mudah. Satu buah wortel ukuran sedang direbus. Kemudian dihaluskan dan ditambahkan sedikit madu. Setelah tercampur oleskan pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan.

Diamkan masker dijawah hingga 15 menit atau mengering. Setelah itu baru dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

TAGS : Wortel Wajah Keriput Kecantikan Kulit




TERPOPULER :