Senin, 19/11/2018 18:50 WIB

Pentingnya Perawatan Wajah Jelang Usia 30

Masalah kulit kendur dan hadirnya keriput halus dapat dicegah jika melakukan perawatan sejak dini.

Seringkali rutinitas merawat kulit menjadi terlewatkan, padahal jika biasakan efeknya baik untuk kulit wajah (Ilustrasi foto: Istockphoto/Ridofranz)

Jakarta - Sebagai proses alami, kulit akan mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Kulit yang awalnya terlihat kencang mulai berubah menjadi kerut dan juga dihinggapi oleh kerutan halus.

Kerutan biasanya akan terlihat disekitar daerah garis senyum, dahi, hingga area mata. Bukan hanya itu, masalah flek hitam juga akan menggangu kecantikan kulit wajah.

Meskipun ini merupakan proses alami yang akan ditemui setiap orang, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, masalah kulit kendur dan hadirnya kertiput halus dapat dicegah jika melakukan perawatan sejak dini.

Inilah perawatan yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Jika ingin kulit selalu tampak awet muda dan cerah, sebaiknya memperbanyak makan makanan sehat seperti sayuran dan buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan.

Untuk regenerasi kulit, dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan-ikanan karena banyak mengandung protein dan dapat menghambat proses penuaan. Sebaiknya hindari junk food, karena selain tidak sehat juga bisa mempercepat proses penuaan bagi kulit.

2. Menghindari rokok dan minuman keras

Kandungan yang ada di dalam rokok sangat berbahaya bagi tubuh. Kandungan nikotin yang apabila dibakar akan menguap dan membuat kulit wajah menjadi kusam dan cepat keriput.

Selain itu, minuman keras juga dapat membuat kulit menjadi tidak sehat. Agar kulit tetap kencang dan sehat disarankan untuk menjaga kulit dengan mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari.

3. Rajin mencuci wajah

Membersihkan wajah dengan cara mencucinya merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat. Perawatan ini harus dilakukan setiap kali bangun tidur dan setelah beraktivitas di luar ruangan.

Ketika bangun tidur wajah harus dibersihkan karena saat tidur produksi minyak pada wajah meningkat sehingga debu mudah menempel dan dapat menyumbat pori-pori kulit. Begitu juga pada saat setelah melakukan aktifitas di luar.

Pembersihan wajah yang harus dilakukan tidak cukup dengan mencuci wajah dengan sabun, tetapi sebaiknya gunakan susu pembersih agar kotoran dan debu terangkat seimbang. Sebaiknya gunakan sabun dengan pH seimbang agar kulit tidak iritasi dan meminimalisasi produksi minyak.

4. Rutin memakai krim atau lotion yang mengandung tabir surya

Karena iklim indonesia tropis dan paparan sinar matahari sangat menyengat, sebaiknya anda melindungi kulit dengan krim atau lotion yang mengandung SPF. Kandungan SPF yang ada di dalam krim ataupun lotion dapat menangkal dan melindungi kulit dari efek negatif sinar UV matahari.

SPF yang terdapat di dalam sunblock sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit dan tempat Anda melakukan aktivitas. Untuk daerah panas seperti pantai sebaiknya menggunakan sunblock SPF 50, sedangkan untuk daerah yang beriklim biasa sebaiknya menggunakan sunblock SPF 15-30.

5. Olahraga teratur

Bukan hanya menjaga kesehatan, olahraga juga dapat membuat kulit tampak kencang. Otot yang mengendur akan menjadi menegang kembali ketika berolahraga. Dengan menegangnya otot, kulit pun ikut tertarik sehingga kulit akan tampak lebih kencang.

Perawatan-perawatan kulit di atas adalah perawatan yang rutin harus dilakukan sehari-hari. Jika rajin merawat kulit sejak dini, maka ketika memasuki usia 30 tahunan, kulit tampak kencang.

Apabila tidak melakukan perawatan sejak dini, ketika muncul keriput Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan.

TAGS : Perawatan Wajah Kerutan




TERPOPULER :