Kamis, 15/11/2018 11:19 WIB

Lima Tips Bangun Kedekatan dengan Anak untuk Ibu Bekerja

Bagaimana caranya mendekatkan diri pada anak meski ibu lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah untuk bekerja?

Diperlukan cara membangun kedekatan untuk ibu bekerja dengan buah hati mereka (Foto: Sheknows)

Jakarta - Perempuan bekerja yang telah memiliki anak tentu tidak memiliki banyak waktu untuk bersama dengan sang buah hati di rumah. Inilah mengapa anak dengan orang tua yang bekerja—terutama ibu—cenderung kurang mendapatkan perhatian, karena waktu bonding yang amat terbatas.

Bahkan, tidak jarang sang anak belum membuka mata ketika ibu berangkat kerja dan telah terlelap saat ibu tiba di rumah selepas bekerja.

Pakar psikologi anak asal Kanada, dr. Gordon Neufeld menuturkan bahwa kedekatan antara orang tua dan anak adalah hal paling penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati.

"Tanpa adanya kedekatan di antara keduanya, kepercayaan sang anak pada kedua orang tuanya tak akan terjalin baik. Pada akhirnya, anak justru menjadi lebih tertutup dan sering berbohong atas apa yang ia rasakan kepada orang tuanya," ujar dr Gordon.

Lalu, bagaimana caranya mendekatkan diri pada anak meski ibu lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah untuk bekerja?

Berikut tips membangun kedekatan untuk ibu bekerja dengan buah hati mereka seperti yang dilansir dari Halodoc.

1. Sediakan waktu khusus untuk anak

Jika ibu bisa meluangkan banyak waktu untuk bekerja, ibu juga tetap bisa meluangkan waktu untuk keluarga dan anak tercinta. Selalu diingat, anak juga butuh kasih sayang dan perhatian dari orang tua.

Sediakan waktu khusus untuk sang buah hati, agar ia merasa ibu tidak melupakannya dan terlalu sibuk bekerja. Tidak perlu bepergian ke tempat kesukaannya, cukup habiskan waktu selama minimal satu jam hanya untuk anak setiap harinya.

2. Tinggalkan Pekerjaan di kantor

Setiap harinya, ibu sudah menghabiskan kurang lebih sembilan jam di kantor. Meski pekerjaan belum selesai, hindari membawanya pulang ke rumah. Sebagai istri sekaligus ibu, tentu ada tanggung jawab lain yang menunggu ibu di rumah.

Jadi, fokuslah kepada keluarga dan anak-anak ketika ibu di rumah. Membawa pekerjaan ke rumah tak hanya membuat anak menjadi terabaikan, pikiran ibu pun menjadi tidak fokus sehingga rentan stres.

3. Hindari melampiaskan kemarahan pada anak

Ibu, anak memiliki perasaan yang sangat sensitif. Perkataan kasar akan meninggalkan bekas luka mendalam di hatinya. Apabila ibu memiliki masalah di kantor, ceritakanlah pada ayah.
Jangan sampai ibu melampiaskan kekesalan dan masalah apa pun yang sedang ibu alami kepada anak yang tidak tahu apa yang sedang ibu rasakan.

4. Anak juga perlu mengerti apa yang ibu kerjakan di kantor

Meski tidak bisa memahami sepenuhnya, tidak ada salahnya menceritakan pada anak apa pekerjaan ibu, sehingga ia tidak merasa ditinggalkan tanpa alasan setiap hari.

Menceritakan pekerjaan ibu juga dapat mengurangi anak untuk membandingkan ibu dengan orang tua dari teman-temannya. Tidak ada salahnya jika ibu turut menjelaskan mengapa ibu perlu bekerja setiap harinya.

5. Temani anak bermain

Bermain menjadi hobi setiap anak. Bisa jadi, ia menjadi lupa waktu jika sedang asik bermain, bahkan ketika ibu pulang kerja. Ibu bisa mendekatkan diri pada anak dengan cara menemaninya bermain, selelah apapun fisik ibu saat itu.

Menyediakan waktu ekstra untuk menemani anak bermain akan membuatnya senang dan merasa diperhatikan. Jangan sungkan untuk mendatanginya dan bertanya apa yang sedang ia mainkan.

TAGS : Anak Ibu Bekerja Kedekatan Tips




TERPOPULER :