Rabu, 14/11/2018 15:44 WIB

Anak Sekolah Zaman Now Perlu Bekal Sehat

Anak usia sekolah yang masih dalam masa pertumbuhan perlu asupan gizi seimbang untuk kegiatannya sehari-hari.

Asupan gizi seimbang sangatlah dibutuhkan bagi anak usia sekolah (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Beberapa hari ini sebagian besar anak-anak sudah masuk sekolah. Tentunya selain persiapan mental, perlengkapan sekolah, beberapa orang tua juga sibuk memikirkan ide bekal makan atau snack untuk anak-anak.

Pada usia anak sekolah 5-12 tahun ialah masa-masa penting pertumbuhan dan terdapat perubahan pola serta nafsu makan. Terlebih anak sekolah zaman now atau masa kini dengan jam sekolah lebih panjang, belum lagi ditambah dengan kegiatan les, mengaji, ekskul, dan lainnya.

Spesialis Gizi Klinik dr Dian Permatasari,  mengungkapkan asupan gizi seimbang sangatlah dibutuhkan bagi anak usia sekolah. Anak belum memiliki cukup pengetahuan untuk memilih makanan yang cukup gizi, dan juga tidak semua sekolah menyediakan kantin sehat.

Oleh sebab itu, orang tua turut memperhatikan pola makan anak termasuk pemilihan menu bekal sekolah sehat yang terdiri dari makanan selingan, minuman tambahan dan makan siang.

Terdapat banyak manfaat dari bekal sekolah sehat adalah dapat mengontrol asupan anak dan menyediakan kebutuhan gizi sesuai kebutuhan anak.

"Selain itu juga meningkatkan energi dan performa anak di kelas, menjamin kebersihan makanan anak dan lebih higienis,” tutur dr Dian dalam acara Talkshow Berikan Inspirasi Kebaikan Gizi Bekal Sekolah Anak, di Jakarta, Kamis (19/7).

Asupan gizi seimbang yang dimaksud dr Dian meliputi antara lain: karbohidrat dengan kebutuhan 1500-2100 kalori per hari yang dibutuhkan. Lalu, sayuran sebagai sumber serat untuk memperlama rasa kenyang dan mengatur metabolisme. Disarankan setengah piring dalam porsi makan anak.

"Tak ketinggalan, protein sebanyak 16-29 persen untuk perbaikan jaringan tubuh. Lemak baik untuk masa petumbuhan yang bisa diapatkan dalam buah alpukat dan kacang-kacangan. Serta vitamin dan mineral," papar dr Dian.

TAGS : Anak Sekolah Bekal Sehat Gizi Seimbang




TERPOPULER :