Selasa, 18/09/2018 23:03 WIB

Pola hidup Sehat Ibu Bisa Cegah Obesitas pada Anak

Kelima kebiasaan itu adalah makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok, dan minum alkohol dalam jumlah sedang.

Ilustrasi ibu bersama buah hatinya

Jakarta - Para peneliti dari Departemen nutrisi Chan School of Public Health menemukan bahwa ibu dapat memainkan peran besar dalam memerangi epidemi obesitas.

Menurut peneliti, salah satu kuncinya ialah anak-anak cenderung mengalami pertumbuhan normal jika sang ibu mereka mengikuti lima kebiasaan sehat.

Kelima kebiasaan itu adalah makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok, dan minum alkohol dalam jumlah sedang.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis data pada lebih dari 24.000 anak-anak, berusia 9 hingga 18 tahun, yang lahir hampir 17.000 wanita. Selama periode tindak lanjut rata-rata lima tahun, lebih dari 5 persen anak-anak menjadi gemuk.

Dalam penelitian tersebut anak-anak yang ibunya mengikuti lima kebiasaan sehat itu 75 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk daripada anak-anak dari ibu yang tidak mengikuti salah satu kebiasaan.

Beberapa kebiasaan sehat tersebut memiliki dampak yang signifikan terhadap mereka sendiri. Sebagai contoh, anak-anak perempuan yang mempertahankan berat badan yang sehat memiliki risiko obesitas 56 persen lebih rendah daripada anak-anak perempuan yang tidak mempertahankan berat badan yang sehat.

Dan anak-anak dari ibu yang tidak merokok memiliki risiko obesitas 31 persen lebih rendah daripada anak-anak dari ibu yang merokok.

"Penelitian kami adalah yang pertama untuk menunjukkan bahwa gaya hidup sehat secara keseluruhan benar-benar melebihi setiap faktor gaya hidup sehat yang diikuti oleh ibu ketika ingin menurunkan risiko obesitas pada anak-anak mereka," kata penulis senior studi Qi Sun.

Satu dari lima anak-anak AS yang berusia 6 hingga 19 tahun mengalami obesitas, meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.

Sementara genetika memainkan peran dalam obesitas, kenaikan tajam dalam obesitas AS dalam beberapa tahun terakhir kemungkinan karena kebiasaan kesehatan yang buruk.

Para peneliti mengatakan temuan ini menunjukkan dampak pilihan gaya hidup ibu terhadap kesehatan anak-anaknya, dan perlunya pendekatan berbasis keluarga atau orangtua untuk mengurangi obesitas.

TAGS : Tips Kesehatan Wanita Ibu Anak




TERPOPULER :