Senin, 19/11/2018 20:43 WIB

Inspirasi Sarapan Pagi dari Berbagai Penjuru Dunia

Apa menu sarapan favorit Anda dan keluarga? Nasi goreng, bubur ayam, lontong sayur? Bagaimana dengan menu sarapan di berbagai belahan dunia lainnya?

Sarapan ala Inggris (Foto: Ny.eater)

Jakarta - Hampir setiap negara memiliki menu khusus sarapan yang berasal dari turun temurun.

Yuk intip apa saja komposisi menu sarapan favorit di tiap negara berikut ini yang dilansir dari laman Nestle. Siapa tahu bisa jadi inspirasi Anda dalam membuat kreasi menu sarapan untuk keluarga.

1. Inggris

Dikenal dengan nama `english breakfast`, sarapan orang Inggris termasuk yang paling banyak dan lengkap. Masing-masing makanan dalam menu tetap memberi asupan nutrisi untuk beraktivitas, seperti karbohidrat, protein, dan lemak yang baik untuk energi tubuh. Menu sarapan khas negeri Inggris ini biasanya terdiri dari telur, daging bacon, sosis, baked beans, tomat iris, tumis jamur dan roti tawar yang disajikan dalam satu piring.

Protein menjadi komponen utama dalam menu sarapan ini, yang biasanya berasal dari telur mata sapi, daging bacon atau sosis. Untuk mengimbangi hidangan protein hewani tersebut, baked beans atau kacang merah menjadi sumber serat juga protein nabati. Sedangkan untuk sumber karbohidrat berasal dari kentang yang diolah menjadi hash brown, mashed potatoes, atau keripik.

2. Australia

Sarapan praktis seperti semangkuk sereal atau roti tawar, yang dilengkapi dengan minuman jus buah dingin, menjadi pilihan warga Asutralia untuk mengawali harinya. Namun yang menjadi ciri khas sarapan orang Australia adalah pelengkap roti tawar tersebut, yakni Vegemite.

Selai berwarna gelap ini terbuat dari ekstrak ragi yang diolah bersama gandum, seledri dan bawang bombay. Selain untuk roti, vegemite juga lazim dioleskan pada crackers. Rasa vegemite yang cenderung asin dan pahit ini terbilang unik, sehingga menjadi ciri khas.

3. Italia

Italia dan kopi adalah dua sejoli yang tak mungkin terpisahkan. Pola sarapan ala Italia biasanya adalah on-the-go, yakni terdiri dari espresso atau cappuccino yang sarat akan susu, dilengkapi dengan kue kering atau pastry yang lembut seperti cornetto (semacam croissant tapi lebih ringan) dan biscotti.

Memang menu ini terlihat seperti camilan saja. Tetapi bagi orang Italia, dua menu ini sudah cukup untuk mengawali kegiatan mereka di pagi hari

4. Vietnam

Vietnam sangat identik dengan Pho. Warga Vietnam gemar menikmati sarapan berupa mie yang terbuat dari beras, kemudian disajikan dengan cara disiram dengan kuah kaldu bening yang gurih serta perasan jeruk nipis dan daun basil yang akan menambah citarasa segar, ditambah sejumput bumbu dan daging sapi atau ayam. Makanan ini juga sangat mudah ditemui pada kedai kaki lima di pinggiran jalan di Vietnam.

5. Jepang

Seperti Indonesia, orang Jepang juga memulai hari-hari mereka dengan semangkuk nasi. Namun bedanya di atas nasi dilengkapi dengan menu khas Jepang yaitu Natto, yakni kacang kedelai yang difermentasikan.

Natto khas Hokkaido ini tampilannya unik, berserat elastis seperti lem saat disumpit, dan aromanya menyengat. Natto kaya akan serat, vitamin K, zat antibodi dan isoflavon yang bagus untuk tulang, serta memiliki kandungan protein tinggi. Jadi, sangat sehat dan bergizi untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Tak hanya nasi yang dilengkapi dengan Natto, paket menu sarapan khas Jepang ini juga dilengkapi dengan sup miso, nasi, ikan makarel panggang, dan tsukemono (acar), serta tak lupa teh hijau untuk menyempurnakan santap sarapan di pagi hari.

6. Turki

Tarhana menjadi menu sarapan favorit di Turki. Tarhana adalah sup yang terbuat dari gandum, yogurt dan campuran sayuran. Semua bahan tersebut dimasak hingga kental dan biasanya disajikan hangat saat pagi hari. Sup ini bisa menjadi sumber energi, karena adanya kandungan karbohidrat yang berasal gandum.

TAGS : Sarapan Dunia Menu




TERPOPULER :