Minggu, 18/11/2018 23:27 WIB

Kapan dan Bagaimana Otak Janin Anda Berkembang

Salah satu perkembangan terpenting yang harus kita pertimbangkan adalah perkembangan otak janin.

Ilustrasi USG Kehamilan (Foto: Google).

Jakarta - Salah satu hal paling menarik tentang kehidupan manusia adalah kisah kelahiran dan evolusi. Otak merupakan organ paling penting dalam tubuh kita. Di sinilah semua keputusan tentang kontrol dan koordinasi semua bagian tubuh lainnya dimulai. Jadi, ketika kita berbicara tentang pertumbuhan bayi di dalam rahim, salah satu perkembangan terpenting yang harus kita pertimbangkan adalah perkembangan otak janin.

Hal-hal seperti tahap yang berbeda ketika bayi memiliki perkembangan otak di dalam rahim serta bagaimana diet dan gaya hidup Anda dapat membantunya? Simak penjelasan berikut.

1. Trimester Pertama - Bulan 1 & 2
Plat saraf adalah fondasi sistem saraf manusia. Seluruh otak, sumsum tulang belakang, dan organ lain hanyalah bagian dari sistem saraf. Sekarang, sekitar dua minggu sejak anak dikandung, plat saraf terbentuk sebagai gumpalan massa kecil. Kemudian, benjolan ini mengembang sendiri ke tabung saraf.

Di suatu tempat di bulan kedua kehamilan, tabung saraf membagi dirinya menjadi tiga bagian. Bagian-bagian ini adalah otak depan, otak tengah dan otak belakang. Selama beberapa minggu ke depan, ada perkembangan lebih rinci dari batang otak, otak kecil, otak besar, kelenjar pituitari dan hipotalamus. Sumsum tulang belakang juga mulai terbentuk pada akhir beberapa bulan pertama pertumbuhan janin.

2. Trimester Pertama - Bulan ke 3
Sama seperti halnya dengan kita semua, sel-sel saraf bayi dibuat oleh sejumlah neuron dan setiap kegiatan pada bagian janin dicapai dengan komunikasi antara sel-sel saraf. Selama bulan terakhir dari trimester pertama, ada pembentukan sel-sel saraf khusus yang bermigrasi melalui embrio dan meletakkan dasar dari saraf.

Pada akhir trimester pertama, komunikasi yang baik terjalin pada bayi Anda dan dia mampu menggeliat anggota tubuhnya dan menetap dalam posisi janin yang nyaman.

3. Trimester Kedua
Berbicara dalam hal pertumbuhan, trimester kedua mungkin merupakan periode paling aktif di seluruh kehamilan. Di sinilah hal-hal seperti refleks alami bayi berkembang. Sebagai akibatnya, bayi mulai menelan cairan ketuban. Cairan ketuban ini memastikan bahwa nutrisi mencapai dia dari tubuh ibu.

Bersamaan dengan itu, ada kontraksi otot dada dan bayi perlu berlatih pernapasan. Semua ini dipandu oleh perkembangan otak janin. Pada pertengahan trimester kedua, penutup myelin terbentuk di atas saraf bayi Anda. Myelin mempercepat prosedur pengiriman pesan antar sel-sel syaraf yang berbeda. Pada akhir trimester kedua, aliran otak janin terletak tepat di atas sumsum tulang belakang.

Hampir sepenuhnya matang dan satu-satunya daerah yang belum dikembangkan adalah korteks serebral. Saat ini, bayi dapat melakukan aktivitas yang terkoordinasi dengan baik seperti berkedip, bermimpi, dan dipengaruhi oleh suara keras di lingkungan. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa bayi Anda memiliki siklus tidur yang terdefinisi dengan baik.

Apakah siklus tidur itu sinkron dengan siklus Anda sendiri adalah sesuatu yang bergantung pada keberuntungan Anda sendiri dan tidak dapat diprediksi secara umum.

4. Trimester Ketiga
Selama beberapa bulan terakhir kehamilan Anda, ada peningkatan pesat dalam pertumbuhan kabel dan neuron pada bayi Anda. Pada titik inilah bagian otak yang bertanggung jawab untuk kontrol motorik, otak kecil, mengalami lonjakan perkembangan yang besar. Konsekuensi langsung dari ini adalah peningkatan tiga kali ukuran otak.

Terlepas dari ini, bagian otak bayi yang bertanggung jawab untuk semua pemikiran itu, mengingat dan kesejahteraan emosional (yaitu korteks serebral) mulai berkembang pada tahap ini. Bagian khusus ini berfungsi penuh hanya ketika bayi dilahirkan, namun perkembangan organ terjadi pada bulan ke-8 dan ke-9 kehamilan.

Perlu dicatat bahwa dalam trimester ini bahwa otak bayi berubah teksturnya dari yang yang bersih dan halus dengan yang sedang berlekuk dan menjorok seperti itu dari otak Anda dan saya.

5. Memastikan Perkembangan Otak Janin
Perkembangan otak anak yang belum lahir dimulai sejak awal kehamilan dan naik ke ujung yang sama. Dalam situasi seperti itu, untuk memfasilitasi pertumbuhan yang ideal, penting untuk mengonsumsi 400 mg folat setiap hari dari saat Anda tahu bahwa Anda hamil.

Folat adalah kombinasi vitamin B dan asam folat dan memainkan peran penting dalam pertumbuhan sel janin, DNA dan perkembangan jaringan. Mengambil vitamin prenatal juga merupakan keharusan mutlak. Namun, hanya mengkonsumsi tablet ini secara teratur tidak cukup untuk memastikan perkembangan otak yang tepat untuk si kecil Anda.

Anda harus makan diet seimbang yang tepat yang diperkaya dengan kebaikan sayuran berdaun hijau. Asam lemak Omega-3 (khususnya DHA) adalah komponen penting lain yang harus dimasukkan dalam diet Anda untuk mendorong perkembangan otak pada si kecil.

Jadi, cobalah mengkonsumsi telur yang diperkaya DHA, rumput laut atau ikan air dingin seperti salmon, trout dan cod. Ini akan memberikan si kecil kondisi ideal pertumbuhan dan memupuk jalan bagi perkembangan otaknya.

TAGS : janin hamil bayi otak neuron




TERPOPULER :