Rabu, 26/09/2018 01:36 WIB

Ini Tanda-tanda Bayi dalam Kandungan Anda Sehat

Tidak dapat melihat si kecil selama kehamilan tentunya membuat Anda sedikit khawatir tentang kesehatannya.

Ilustrasi bayi.(Foto : Boldsky.com)

Jakarta - Merencanakan punya bayi adalah harapan setiap pasangan. Bagi ayah dan ibu, ini berarti banyak penyesuaian (yang mungkin merupakan penyesuaian gaya hidup, penyesuaian keuangan atau beberapa jenis penyesuaian lainnya).

Tidak dapat melihat si kecil selama kehamilan tentunya membuat Anda sedikit khawatir tentang kesehatannya. Terlebih jika ini adalah kehamilan pertama Anda tanpa pengalaman sebelumnya.

Meskipun ada sejumlah prosedur (seperti USG) yang dokter Anda gunakan untuk mengetahui status kesehatan dan perkembangan janin, faktanya ini tidak terjadi setiap hari. Anda tidak berdaya dan yang dapat Anda lakukan hanyalah menghitung hari untuk bertemu dokter kandungan Anda berikutnya. Berikut dibahas mengenai beberapa hal bahwa bayi dalam kandungan Anda sehat.

1. Berat Badan
Saat hamil, Anda harus gembira tentang fakta bahwa selama sekitar satu tahun sekarang, Anda tidak perlu khawatir tentang berat badan Anda dan dapat makan semua yang Anda inginkan. Namun, sayangnya Anda harus memperhatikan berat badan Anda selalu di batas normal. Berat badan sehat merupakan kebutuhan mutlak selama kehamilan Anda.

Idealnya, Anda harus mendapatkan 13 hingga 15 kilogram selama kehamilan Anda. Jika itu terjadi, Anda dapat yakin bahwa si kecil sehat. Namun, angka tersebut dapat bervariasi tergantung apakah Anda kelebihan berat badan sebelum hamil atau tidak. Dalam kasus apa pun, jika Anda mampu mempertahankan angka yang ditentukan oleh dokter Anda, itu pasti pertanda bahwa bayi Anda mengalami pertumbuhan yang sehat di dalam rahim.

2. Tingkat Hormonal
Setiap wanita yang mencoba untuk hamil sangat menyadari fakta bahwa tubuhnya akan mengalami perubahan hormon. Penting untuk mengetahui bahwa kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh Anda berbicara banyak tentang kesehatan keseluruhan bayi Anda.

Idealnya, wanita hamil harus menghasilkan sekitar 400 mg progesteron. Ini bertanggung jawab untuk mengatur endometrium dan menjaga menstruasi di teluk. Demikian pula, untuk mendorong pertumbuhan rahim untuk menopang bayi yang sehat, diperlukan sekitar 1.200 estrogen.

Adalah ide yang baik bagi Anda untuk memeriksakan parameter-parameter hormonal ini. Jika Anda menemukan bahwa kadar hormon-hormon ini dalam tubuh Anda berada dalam kisaran ideal, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda dapat terus maju dan yakinlah bahwa si kecil Anda memiliki pertumbuhan yang sehat di dalam rahim.

3. Pertumbuhan Perut
Memang benar bahwa setiap wanita membawa bayinya secara berbeda. Faktor seperti apakah ini adalah kehamilan pertama atau tidak memainkan peran utama dalam bentuk perut. Faktor-faktor lain seperti apakah ini kehamilan tunggal atau jika Anda membawa kelipatan tidak dapat diabaikan juga.

Namun, meskipun begitu banyak faktor eksternal, ada panduan untuk peningkatan yang diharapkan dalam ukuran perut. Dokter Anda akan dapat memberi tahu Anda lebih banyak tentang panduan yang berlaku dalam kehamilan Anda. Jika Anda berpegang teguh pada itu, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan yakinlah bahwa bayi Anda sedang bersenang-senang di dalam rahim.

4. Detak Jantung Sehat
Sama seperti orang dewasa normal, denyut jantung janin sangat mempengaruhi kesehatannya secara keseluruhan. Anda dapat memilih untuk melakukan tes non-stres dan tes kontraksi untuk menghindari rintangan potensial bagi pertumbuhan anak Anda.

Idealnya, detak jantung anak Anda yang belum lahir harus berkisar antara 110 dan 160 denyut per menit. Jika ini dapat dijamin, maka aman untuk berasumsi bahwa si kecil Anda memiliki pertumbuhan yang sehat dan banyak parameter lainnya juga baik-baik saja. Jenis pemantauan detak jantung janin ini dapat dilakukan di mana saja pada trimester terakhir.

5. Gerakan Janin
Berbicara secara logis, gerakan janin adalah satu-satunya cara bayi Anda berkomunikasi dengan Anda. Di suatu tempat di tengah-tengah trimester kedua Anda adalah ketika Anda benar-benar akan mulai merasakan bayinya. Seiring berlalunya hari, Anda akan merasakan cegukan dan tendangannya. Bahkan dokter akan memantau gerakan-gerakan ini untuk melacak pertumbuhan si kecil.

Tidak peduli betapa tidak nyamannya si kecil, kenyataan bahwa Anda mengalami gerakan janin adalah tanda sehat di trimester kedua dan ketiga kehamilan Anda. Pada trimester terakhir, Anda bahkan mungkin merasakan tungkai kecil bayi Anda menusuk Anda.

Sifat, jenis dan intensitas gerakan yang dialami wanita hamil, bervariasi dari individu ke individu dan dari kehamilan ke kehamilan. Namun, setiap bentuk gerakan di dalam rahim adalah indikasi yang jelas bahwa bayi Anda menerima jumlah oksigen dan nutrisi lain yang optimal yang penting untuk pertumbuhannya.

6. Penghentian Pra-kerja
Setelah menetapkan pentingnya gerakan janin, penting untuk memahami bahwa pada bulan terakhir kehamilan, Anda dapat mengharapkan penurunan gerakan janin. Ini tidak perlu dikhawatirkan dan itu sebenarnya menandakan kehamilan yang sehat.

Pada titik ini, bayi Anda jatuh ke pelvis Anda dan kepalanya mengarah ke jalan lahir. Sementara ini mungkin berarti pengalaman gerakan janin yang lebih rendah untuk Anda, ini sebenarnya si kecil Anda mempersiapkan kelahiran dan sinyal bagi Anda bahwa segala sesuatunya berjalan sesuai rencana dan bahwa ia sehat.

TAGS : hamil bayi rahim kandungan sehat janin




TERPOPULER :