Sabtu, 22/09/2018 01:26 WIB

Jenis Minyak untuk Pijat Bayi yang Bisa Anda Gunakan

Jika tidak ada ruam atau alergi apa pun maka Anda bisa menggunakan minyak tersebut untuk pijat bayi.

Pijat bayi (foto: Koreaboo)

Jakarta - Untuk bayi yang baru lahir, pijat tubuh dapat memberikan keajaiban. Itulah mengapa orang di seluruh dunia bersikeras bahwa bayi yang baru lahir diberi pijatan minyak yang tepat. Efek dari pijatan minyak yang tepat dapat berupa lonjakan pertumbuhan yang sehat pada seorang individu, mengobati sakit perut, mendorong pertumbuhan yang sehat dari seorang individu atau bahkan menenangkan anak ketika dia takut.

Namun, Anda tidak bisa mencoba sembarang minyak acak pada kulit halus Si kecil. Sebelum Anda mencoba minyak pijat, pastikan mengoleskan sedikit pada tangannya tunggu selama setengah jam. Jika tidak ada ruam atau alergi apa pun maka Anda bisa menggunakan minyak tersebut untuk pijat bayi.

Ingat, kenyamanan Si kecil harus berada di atas perhatian Anda ketika pemijata. BErikut deretan minyak minyak yang harus Anda gunakan untuk pijatan si kecil.

1. Minyak Kelapa
- Sifat antijamur dan antibakteri dari minyak kelapa adalah yang membuatnya menjadi pilihan ideal untuk kulit Si kecil. Minyak kelapa juga memiliki asam laurat dan kaprilat dan ton antioksidan yang bermanfaat bagi si kecil Anda.
- Untuk bayi kecil, tidak disarankan untuk menggunakan krim dan lotion yang mengandung bahan kimia keras untuk mengobati kondisi seperti eksim, ruam, dermatitis, topi cradle, dan kulit yang tidak rata. Dalam kasus seperti itu, sifat antioksidan dari minyak kelapa bekerja menakjubkan pada kulit mereka.
- Dengan lembut memijat si kecil dengan minyak kelapa segera setelah dia mandi akan melembabkan kulit dan memastikan kulitnya kenyal. Teksturnya yang ringan membuatnya sempurna untuk musim panas.

2. Minyak Wijen
- Jika si kecil yang akan dipijat, pastikan Anda memilih minyak wijen yang diekstraksi dari wijen hitam.
- Dalam kebanyakan budaya India, memijat anak yang baru lahir dengan minyak wijen dianggap penting. Dari segi medis juga pentingnya hal yang sama telah ditetapkan.

3. Calendula Oil
Minyak ini dikenal karena efeknya yang menenangkan dan aman untuk diaplikasikan pada kulit bayi. Tidak seperti kebanyakan minyak lain dalam daftar ini, untuk mendapatkan hasil terbaik dari minyak ini, Anda harus menggunakannya setelah Si kecil mandi.
- Minyak ini memiliki aroma ringan yang biasanya disukai oleh bayi. Karena aromanya alami, tidak menyebabkan bahaya dan tidak terlalu keras pada hidung bayi Anda.

4. Minyak Bunga Matahari
- Minyak ini mengandung banyak vitamin E dan asam lemak. Efek gabungan dari ini adalah makanan yang lebih baik untuk kulit.
- Meskipun sebagian besar digunakan sebagai minyak nabati, penelitian menunjukkan bahwa hal yang sama aman untuk diterapkan pada sebagian besar jenis kulit (baik pada orang dewasa maupun anak-anak). Anda harus mempertimbangkan untuk menghindari minyak khusus ini hanya jika Si kecil memiliki kulit yang rentan rontok atau ekstra sensitif.

5. Minyak Jarak
- Penggunaan minyak jarak dianjurkan untuk perawatan kulit kering pada anak-anak. Hal ini juga dapat diterapkan pada rambut dan kuku untuk memberi mereka makanan yang tepat dan bersinar.
- Untuk mendapatkan hasil terbaik, pijat si kecil dengan minyak jarak dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu Anda bisa memberinya pemandian air hangat hangat dan kemudian menepuknya kering.
- Satu-satunya tindakan pencegahan yang perlu Anda ikuti saat menerapkan minyak jarak pada si kecil adalah bahwa Anda tidak menerapkan hal yang sama di area dekat mata dan bibirnya.

6. Minyak Almond
- Dibebani dengan vitamin E, minyak almond adalah salah satu bahan yang disukai dalam minyak pijat anak. Namun, disarankan agar Anda pergi untuk minyak almond murni daripada pergi untuk minyak bayi yang mengandung almond untuk mendapatkan hasil terbaik.
- Saat pergi untuk minyak almond murni, pastikan Anda memilih yang tanpa aroma. Sering terlihat bahwa anak-anak alergi terhadap minyak almond fragmen. Jadi sebaiknya Anda menghindari hal yang sama.

7. Minyak Zaitun
- Minyak zaitun adalah minyak yang paling cocok untuk memijat dan dikenal untuk mendorong pertumbuhan otot pada anak. Namun, tindakan pencegahan tertentu harus diikuti ketika Anda menggunakan minyak zaitun untuk memijat bayi Anda.
- Pertama dan terutama, gunakan minyak zaitun hanya jika sama sekali tidak ada tanda-tanda luka, ruam atau eksim pada bayi Anda.
- Jangan gunakan jenis minyak khusus ini jika anak Anda memiliki kulit kering atau sensitif. Sifat tertentu dari minyak zaitun meningkatkan permeabilitas kulit, yang pada gilirannya membuat kulit menjadi lebih cepat kering. Kehilangan kelembaban ini menyebabkan kulit pecah-pecah dan masalah kulit lainnya pada bayi.

8. Tea Tree Oil
- Titik plus terbesar minyak pohon teh adalah sifat antiseptiknya yang tinggi. Ini juga digunakan untuk perawatan banyak alergi kulit. Ini aman untuk digunakan pada hampir semua jenis kulit bayi dan membuat si kecil merasa tenang dan nyaman serta memupuk tidur malam yang nyenyak.
- Minyak ini sangat ringan teksturnya dan bisa digunakan sepanjang tahun. Ini adalah tekstur minyak yang membuatnya cocok untuk digunakan sebelum dan sesudah mandi. Bahkan, Anda bisa menggunakan minyak ini untuk memijat si kecil Anda hingga dua kali dalam sehari.

TAGS : pijat minyak pijat bayi sehat parenting




TERPOPULER :